Perangkat Smartphone sudah menjadi salah satu incaran para hacker untuk membobol data yang ada pada Smartphone. Walaupun sudah banyak pencegahan yang dilakukan agar terhindar dari serang malware, tapi malware tersebut biasanya akan tetap masuk.

Karena biasanya malware ini masuk melalui software yang terdapat pada Smartphone. Tidak mudah memang untuk menghilangkan malware yang sering muncul. Tapi tidak perlu khawatir, karena Smartphone kini sudah memilik banyak sistem keamanan. Adapun tipsnya untuk menghilangkan Malware pada Smartphone :

1.Melindungi Smartphone dari Malware

Kadang kita tidak menyadari bahwa file atau dokumen yang kita simpan mengandung malware atau tidak. Tapi hal tersebut bisa dilihat dari gejala – gejala yang timbul di Smartphone. Seperti cepat habisnya baterai pada Smartophone, dan sering timbulnya iklan dan masih banyak lagi. Saat itu juga malware sedang berusaha mengambil data – data pengguna Smartphone. Ada cara untuk melindungi Smartphone dari seranga Malware diantaranya dengan memasang aplikasi anti malware.

Dengan mematikan pengaturan yang pemasangan aplikasi dari luar play store. Masuk ke menu security setting – jangan izinkan penginstallan aplikasi dari sumber yang tidak jelas.

  • Perbaharui aplikasi di google play, aplikasi biasanya akan selalu update untuk meningkatkan performa ataupun kualitas.
  • Selalu pastikan seluruh izin aplikasi sebelum mengunduh.
  • Yang terpenting pada saat memakai wifi gratis, jangan lupa menggunakan VPN untuk melindungi data.

2.Medeteksi Malware, Adware dan virus yang terdapat di Smartphone

Cara untuk mendeteksi Smartphone terkena Malware, Adware dan virus adalah:

  • Masuk ke setting – Apps for draw – daftar aplikasi yang memiliki izin untuk berjalan di atas aplikasi.
  • Jangan izinkan aplikasi yang sekiranya mencurigakan berjalan, penggunapun bisa menghapus aplikasi tersebut.

3.Menghapus Malware

Un-install aplikasi yang mencurigakan, jika tidak bisa maka bisa hapus terlebih dahulu administrator rights dengan masuk ke menu setting – security – lihat bagian device administrator – menu android device manager di daftar. Setelah itu cabut izin administrator rights pada aplikasi yang tidak bisa dihapus tadi. Untuk mengetes hal itu berhasil atau tidak, restart Smartphone dan saat menyala kembali bisa terlihat kinerjanya sudah normal kembali.

Itulah tips untuk menghilangkan Malware pada Smartphone. Jangan sampai Smartphone kita terkena Malware yang dapat menghilangkan data penting. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat