Smartphone sudah menjadi salah satu kepentingan umum untuk mengisi waktu luang. Bahkan tidak hanya waktu luang saja, pengguna Smartphone pun kini menjadikan Smartphone sebagai alat bantu kegiatannya.

Tapi sering sekali pengguna Smartphone tidak bisa lepas dari alat ini, kadang waktu tidurpun masih sempat memainkan Smartphone. Salah satu faktor hal ini terjadi bisa jadi sedang berbincang – bincang dengan rekan, saudara, atau main game, browsing bahkan tidak lepas juga dari media sosial. Dalam kalangan masyarakat hal seperti ini sudah menjadi kegiatan rutin sebelum tidur. Tapi perlu kita ketahui betapa bahayanya memainkan Smartphone sebelum tidur.

Memainkan Smartphone sebelum tidur akan berdampak pada kesehatan kita, apalagi kegiatan tersebut akan dilakukan secara rutin atau terus – menerus. Mulai dari waktu tidur yang  terhambat karena terlalu sibuk dengan Smartphonenya. Hal ini disebabkan  karena layar Smartphone yang terlalu lama berinteraksi dengan kontak mata, cahaya pada layar Smartphone akan memancarkan cahaya berwarna biru yang berbahaya ketika terkena kontak mata.

Karena biasanya ketika hendak tidur lampu kamarpun dimatikan, ternyata jika layar Smartphone digunakan dalam keadaan ruang gelap maka cahaya biru yang terdapat di Smartphone itu tidak baik untuk kesehatan mata dan akan berdampak pada kesehatan pengguna. Ada beberapa risiko memainkan Smartphone sebelum tidur:

1.Kerusakan Mata

Sudah menjadi kewajaran bagi pengguna Smartphone jika terlalu lama/sering melihat layar Smartphone akan berdampak pada mata. Cahaya biru layar smartphone tersbut akan membuat retina mata akan merasa tegang sehingga dapat menyebabkan sakit mata bahkan katarak.

2.Melemahnya Daya Otak

Akibat terlalu menggunakan Smartphone sebelum tidur akan membuat otak seseorang kelelahan. Ditambah dengan lamanya menggunakan Smartphone, waktu tidur akan berkurang dan dilanjut dengan aktifitas dijalani di esokan harinya pasti akan terganggu karena sudah terlalu lelah.

Itulah beberapa risiko memainkan Smartphone sebelum tidur. Jadi untuk para pengguna Smartphone, hendaknya memaksimalkan penggunaan Smartphone. Jangan sampai waktu kita beristirahat terpotong hanya untuk memainkan Smartphone saja dan berdampak pada kesehatan kita.

WhatsApp chat