Sebelumnya kita harus tau dulu apa itu Cache? Dan apa fungsi cache itu sendiri?

Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara atau bahkan menyembunyikan data. Cache ini digunakan untuk menyimpan data atau mentransfer data yang sudah pernah diakses oleh cache tersebut, sehinga pada saat kita ingin menggunakannya atau akses kembali itu kan lebih cepat pengaksesannya pada Android.

Memang kapasitas cache itu sendiri terbatas, maka dari itulah kadang kita tidak pernah menyadarinya bahwa kapasitas cache yang telah kita gunakan itu mengurang. Dan tanpa kita sadari juga bahwasanya kita juga harus memperhatikan lebih mengenai cache ini karena jika kita tidak menghapus data yang telah kita akses, itu akan memberikan dampak yang kurang baik untuk Android Anda.

Ada beberapa pengaruh jika kita telah menghapus cache yang ada di Android kita.

  1. Dengan menghapus cache yang ada di Android Anda, itu ternyata akan dapat memberikan efek menambah kapasitas memori atau akan memberikan ruang kosong pada memory handphone Android Anda.
  2. Untuk kinerjanya pun lebih baik lagi dari sebelum dihapus cache yang sudah di akses. Karena dengan menghapus ini, ternyata dapat mengurangi beban prosesor maupun RAM untuk membaca cache yang sudah banyak tidak digunakan lagi.
  3. Ada juga pengaruh lainnya yang dapat memperlambat loading aplikasi yang kita gunakan semakin lebih lama disbanding sebelum dihapus cachenya.
  4. Tidak hanya itu, dengan menghapus cache pada Android Andan juga dapat mengakibatkan kota data banyak untuk untuk menginstall script secara lengkap dari situs yang digunakan.
  5. Ini juga yang biasanya tidak diketahui oleh pengguna Android, dengan menghapus cache pada Android Anda juga dapat menghemat baterai Android anda. Karena apa? Karena si pembacara cache yang cukup besar itu membutuhkan sumber baterai yang cukup besar juga.

 

WhatsApp chat