Dalam industry digital sekarang, alat scan untuk kartu seperti credit card, kartu kamar hotel, ATM dan banyak kartu dengan chip lain, sudah banyak digunakan. Perkembangan alat pembaca chip ini makin cepat dan akurat.

Square, produsen alat scan mobile payment telah mengumumkan mesin yang mampu membaca dan chip pada kartu hanya dalam waktu dua detik. Info chip di kartu terbuka secara detail dan menyeluruh. Alat pembaca chip yang sekarang masih membutuhkan waktu sekitar 8 sampai 20 detik untuk membuka isi chip secara lengkap.

Kelebihan Square Chip Reader Terbaru

Kecepatan scan ini tentu dapat dimanfaatkan untuk berbagai proses, tapi yang paling penting adalah mengurangi lama waktu pembayaran pada tempat – tempat belanja. Bayangkan saja Anda hanya perlu menggesek dan pergi membawa belanjaan tanpa harus menunggu lama proses bolak – balik dari teller.

Penggunaan pin memang penting, tapi proses bolak baling penyerahan kartu dan alat saat pembayaran menggunakan kartu kredit adalah karena alat sekarang belum bisa secara menyeluruh menscan konten chip. Jika info seperti pemilik, akun bisa disconnect langsung ke server VISA misalnya, Anda tidak perlu repot harus ketik pin. Tinggal konfirmasi akun dan pembayaran bisa diproses.

Teknologi ini juga mempermudah proses pembayaran mandiri di beberapa tempat di luar negeri. Di luar negeri sudah ada tempat belanja yang tidak menggunakan teller tapi dengan kartu khusus belanja. Perkembangan teknologi ini sayangnya belum bisa sampai ke Indonesia.

Kelemahan Square Chip Reader Terbaru

Chip reader ini hanya berlaku pada chip yang sudah menggunakan teknologi terbaru berupa M/Chip dan Quick Chip. Jika kartu masih menggunakan teknologi tipe lama, proses membaca masih lambat. Chip model lama masih banyak digunakan di Indonesia, jadi mungkin alat ini masih lama untuk dapat diintegrasi sebagai alat pembayaran di sini.

Hal lain yang bisa dinilai negatif adalah dari segi keamanan. Alat ini belum memiliki software pengaman yang terlalu baik. Square sendiri masih meng-upgrade sistem keamanan untuk kedepannya. Untuk alat scan pembayaran, jika ada masalah keamanan tentu menjadi kelemahan yang tidak bisa ditolelir.

WhatsApp chat