Saat ini smartphone hampir menjadi kebutuhan primer masyarakat karena hampir seluruh lapisan masyarakat sudah menggunakan smaryphone di tangannya. Hal ini tak lepas dari pabrikan utama smartphone yang selalu berinovasi dan mengembangkan smartphone sesuai dengan keinginan masyarakat. Bahkan setiap harinya terdapat fitur baru yang ditemukan dan membuat smartphone semakin canggih. Berikut ini beberapa fitur yang tengah dikembangkan saat ini.

Fitur AI (Artificial Intelegence)

Fitur ini awalnya dikembangkan untuk menambah kecerdasan robot dalam membantu manusia. Namun seiring berkembangnya waktu sudah mulai banyak smartphone yang diberi fitur AI sehingga terbentuk sebuah smartphone berteknologi tinggi. Salah stau fitur yang banyak dikembangkan saat ini adalah deteksi wajah sebagai pengunci layar smartphone. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan privasi pemilik smartphone itu sendiri. Bukan hanya itu saja, smartphone juga akan dibekali kemampuan untuk memberikan perintah pada perangkat lain atau remote.

Fingerprint

Mungkin sudah banyak ditemukan fingerprint yang berada pada perangkat luar smartphone akan tetapi yang dikembangkan saat ini adalah fingerprint atau sidik jari pada layar telepon. Beberapa vendor sudah meyisipkan teknologi ini hanya saja harga yang ditawarkan juga cukup fantatis. Teknologi ini dibuat untuk memenuhi keinginan pengembang dalam membuat smartphone dengan full layar.

Layar Lipat

Sampai saat ini sudah banyak praktek dan uji coba untuk membuat sebuah smartphone yang lebih fleksible dan setipis mungkin. Artinya layar yang dibuat bisa menyesuaikan media. Tak salah jika di masa depan nantinya bisa dilihat smartphone yang melingkar di tangan atau bisa dilipat hingga sangat tipis. Bahkan baru-baru ini sebuah vendor bisa menciptaka sebuah tablet yang ketika dilipat bisa menjadi smartphone dengan ukuran lebih kecil.

Baterai Sekali Pakai

Saat ini tuntutan dalam menggunakan smartphone begitu besar hingga dalam kondisi apapun smartphone tetap digunakan. Salah satu masalah umum yang terjadi saat ini adalah kebutuhan smartphone pada cas untuk mengisi baterai. Solusi saat ini adalah dengan menambah kapasitas baterai sehingga bisa mempunyai umur lebih panjang. Namun para pengembang juga sedang meneliti kemungkinan menggunakan baterai instan sekali pakai. Jadi dengan baterai ini seseorang tidak perlu khawatir lagi ketika baterai smartphonenya habis karena bisa menyimpan banyak cadangan.

WhatsApp chat