Kita semua tau bahwa di usia muda, kondisi pemikiran masih sangat rentan terutama terhadap hal yang negatif. Kalau kita lihat konten di sosial media saat ini, kita sering menemukan informasi hoax, fornografi, atau  kejahatan lainnya. Apakah kalian sudah mengetahui damak baik buruk Internet di tangan anak muda?

Data yang dikutip dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia menempati peringkat ke-5 dunia dengan jumlah pengguna sekitar 132,7 Juta orang dan ada sebanyak 18,4% atau sekitar 24,4 Juta pengguna internet pada usia remaja dengan usia 10-24 tahun. Ini artinya pengguna internet usai muda di Indonesia sangat banyak, sehingga setiap pihak baik dari pemerintah, perusahaan penyedia internet, pihak sekolah maupun orangtua ikut serta dalam mengawasi konten yang ada di internet, terutama konten yang bersifat hoax dan fornografi. Padahal seharusnya, internet bisa menjadi penunjang pembelajaran diusia remaja. Misalnya dengan mempelajari berbagai tutorial dan juga informasi seputar bisnis yang cocok dijalankan diusia muda. Seperti yang kita lihat bahwa dinegara maju, banyak startup yang sukses didirikan oleh anak muda.

Memang perlu adanya pendidikan sejak dini, baik dilakukan oleh orangtua maupun pembelajaran di sekolah. Sehingga bisa menumbuhkan kesadaran diri untuk mengkontrol konten positif dan negatif yang ada didalam internet itu sendiri. Justru yang diharapkan dengan adanya internet adalah setiap generasi muda mampu menjadi entrepreneur yang bisa membuka lapangan kerja untuk banyak orang. Banyak juga tempat-tempat pelatihan dikota-kota besar, seperti Jakarta yang membantu dan membimbing anak muda agar bisa memanfaatkan internet dengan lebih baik lagi. Misalnya di DUMET School (Lembaga kursus IT di Jakarta), ada pembelajaran membuat website dan juga cara mempromosikannya di internet.  Sehingga dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan bisa menstimulasi jiwa pengusaha pada generasi muda.

Intinya adalah internet sudah menjadi sumber informasi terbesar untuk saat ini, namun pengguna internet harus bisa lebih bijak dalam memanfaatkannya. Semoga informasi ini bisa menjadi motivasi untuk kita semua dalam menggunakan internet 🙂

WhatsApp chat