Semenjak adanya smartphone, segala kegiatan menjadi semakin mudah. Melalui smarphone android kita bisa menyimpan dan mengakses data-data yang penting, melakukan berbagai transaksi perbankan, dan melakukan aktifitas lainnya yang berhubungan dengan internet. Sekarang ini penjahat cyber banyak menargetkan pengguna smartphone android. Untuk itu kita harus mengetahui ciri-ciri smartphone android yang terkena virus.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai ciri-ciri smartphone android yang terkena virus. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

1. Munculnya Iklan Pop-up

Ciri-ciri pertama dari smartphone yang telah terkena virus yaitu munculnya iklan di sana-sini, dan iklannya muncul secara pop-up. Apabila kita seang membuka aplikasi atau sedang memainkan game gratis tertentu, lalu muncul iklan itu tentunya wajar. Namun permasalahannya, jika kalian menemukan iklan atau pesan pop-up nya muncul ketika kalian sedang tidak melakukan apa-apa.

Contohnya muncul tiba-tiba di homescreen, lockscreen, atau ketika kalian membuka aplikasi yang biasanya tidak memunculkan iklan. Ketika kalian menemukan hal yang seperti ini, sebaiknya jangan mengklik iklan yang muncul tersebut. Hal ini dikarenakan itu adalah salah satu jebakan untuk peretas mengambil informasi penting kalian.

2. Mengirim atau Menerima SMS yang Aneh

Biasanya smartphone yang telah terkena virus bisa mengirim SMS secara diam-diam, bahkan bisa membuat panggilan telepon ke nomor tertentu. Apabila kalian menemukan SMS aneh, tapi kalian tidak merasa melakukannya, itu kemungkinan smartphone kalian telah di-hack.

3. Baterai Smartphone Boros

Ketika kalian menggunakan smartphone secara wajar, tetapi baterainya lebih cepat habisnya ini mungkin ada program lain yang berjalan di background yang besar kemungkinan adalah virus. Untuk itu kalian sebaiknya cari tahu apakah ada aplikasi yang tidak diinginkan yang hadir di smartphone kalian.

4. Smartphone Jadi Lemot

Ciri-ciri selanjutnya dari smartphone yang terkena virus yaitu menurunnya performa dari smartphone tersebut. Smartphone android kita menjadi lemot bahkan sering hang. Mungkin smartphone kalian telah mengunduh cache yang berisi malware berbahaya.

5. Kuota Cepat Habis

Kuota yang cepat habis juga menjadi ciri-ciri kalau smartphone kalian sudah terkena virus. Kalian bisa cek aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota internet kalian.

Cara cek nya kalian bisa buka Pengaturan > Data Usage. Dari sini kalian bisa melihat daftar aplikasi yang paling menyedot kuota. Dan jika aplikasi yang muncul dalam daftar teratas adalah aplikasi yang jarang sekali kalian gunakan, itu berarti smartphone kalian terkena virus.

Nah, itulah Ciri-Ciri Smartphone Android yang Terkena Virus. Semoga bermanfaat 🙂

WhatsApp chat