Hello Kawan, Hari ini saya mau berbagi tentang tips dan trik mengembalikan kecepatan smartphone dan android. Yuk kita simak ulasan berikut.

Dalam era komputerisasi ini segala hal sudah semakin mudah dilakukan, termasuk dalam bidang komunikasi yang sudah semakin canggih ini. Kita sudah merasakan dampak positif maupun negatif dari adanya teknologi canggih di bidang komunikasi. Salah satu hal yang penting dalam berkomunikasi saat ini adalah adanya Smartphone Android. Namun, keuntungan pada smartphone android akan terganggu, karena tak sedikit para pengguna smartphone android mengeluhkan lamanya proses pada smartphone android mereka atau sering kita sebut “lola”. Daripada lama-lama yuk kita lihat tips dan trik cara mengembalikan kecepatan smartphone dan android

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan akan memberatkan kinerja pada CPU karna memenuhi memori dan media penyimpanan Anda sehingga membuat ponsel pintar anda menjadi lambat.

Untuk menghapus aplikasi tersebut, pengguna smartphone dan android cukup buka menu Settings, lalu pilihGeneral, Application Manager dan download. Kemudian uninstall aplikasi yang tidak digunakan tersebut.

2. Bersihkan Media Penyimpanan Internal

Hapus foto, gambar, video, rekaman suara, dan lain sebagainya dalam menu galeri smartphone Anda. Selain itu hapus segala file yang ada di menu download yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Jika Anda ingin menyimpan data tersebut, Anda hanya perlu mem-back up data tersebut kedalam PC atau laptop. Dengan cara menghapus berbagai file yang sudah tidak dibutuhkan lagi, RAM dan memori internal akan mendapat ruang lebih sehingga mengurangi lambatnya smartphone Anda.

3. Hapus Cache Data

Data cache ini bersisi berbagai file dari situs yang dikunjungi, cache juga sebenarnya berguna untuk menampilkan halaman website yang sebelumnya pernah kita kunjungi dengan waktu yang lebih cepat.

Walaupun memiliki kegunaan, data cache yang disimpan sudah terlalu besar akan membebani kinerja RAM. Jadi, disarankan untuk menghapus cache tersebut apabila sudah tidak dibutuhkan lagi oleh web browser smartphone Anda.

4. Cek Micro-SD

Jika Anda menggunakan media penyimpanan eksternal seperti micro-SD, sebaiknya Anda sering-sering mengeceknya dan jangan sampai memori eksternal tersebut terlalu penuh sehingga menyebabkan smartphone dan android Anda menjadi lambat. Jika data pada micro-SD sudah penuh dan Anda tidak ingin menghapusnya, satu-satunya cara adalah memindahkan data tersebut ke komputer atau laptop Anda.

5. Reset Ponsel

Jika cara-cara yang sebelumnya belum dapat mengembalikan performa smartphone dan android Anda, ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengembalikan performa smartphone dan android Anda, yaitu dengan cara mereset data snartphone dan android. Caranya cukup dengan menuju menu Settings, General, Backup and reset, dan Factory reset.

Factory reset adalah sebuah fitur yang disediakan untuk mengembalikan keadaan smartphone dan android seperti saat pertama kali dibeli.

Sekian untuk hari ini Kawan, semoga bermanfaat. Terima kasih :)

WhatsApp chat