Tanpa kita sadari smartphone selalu kita gunakan tanpa henti, mulai dari bangun tidur sampai kita tidur kembali. Setiap hari smartphone kita gunakan untuk chatting, mengirim email, membuka sosial media, dan menonton film. Semua kegiatan ini tentunya akan membuat baterai kalian cepat habis, dan membuatnya harus di isi daya terus menerus. Namun, apa jadinya jika daya tidak mau terisi meskipun sudah di chargei? Tentunya kita harus mengetahui cara mengatasi smartphone yang tidak bisa mengisi daya.

Berikut Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Mengisi Daya :

1. Restart Smartphone

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah mematikan dan menghidupkan kembali atau restart smartphone nya. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Besar kemungkinan smartphone kalian tidak mau mengisi daya karena cache cache yang telah menumpuk.

2. Kalibrasi Baterai

Ketika kalian mematikan dan mengidupkan kembali smartphone, kemudian baterainya menjadi bertambah itu artinya baterai meternya error. Untuk itu kalian bisa melakukan kalibrasi baterai untuk menstimulasi supaya kembali ke situs awal.

3. Mengecek Adapter Charger

Langkah selanjutnya yaitu mengecek adapter charger smartphone kalian. Biasanya smartphone yang tidak mau mengisi daya, itu disebabkan karena adapter yang tidak berfungsi. Oleh karena itu, sebaiknya kalian gunakan adapter bawaan dari smartphone kalian.

4. Mengecek Port USB Smartphone

Port USB biasanya menjadi pokok masalah dari smartphone yang tidak mau terisi daya. Port USB memang memiliki lubang yang kecil, dan terkadang kita sering mengabaikan elemen kecil ini. Port USB ini akan rusak kalau kalian terlalu cepat ketika mencabut kabelnya.

Jika Port USB kalian longgar, kalian bisa mendorong kabel charger dengan benda kecil, contohnya tusuk gigi dan lidi. Selain itu juga, kalian sebaiknya membersihkan Port USB supaya tidak berdebu.\

5. Menggunakan Desktop Charger

Ada cara lain yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi smartphone yang tidak mau mengisi daya, yaitu kalian bisa menggunakan desktop charger. Charger yang satu ini mengalirkan daya dengan menjepit baterai smartphone kalian. Desktop ini hanya bisa digunakan untuk smartphone yang baterainya dapat dilepas.

Nah, itulah Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Mengisi Daya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

WhatsApp chat