Teknologi yang bermunculan beberapa tahun belakangan ini tidak dipungkiri sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Keberadaannya membuat segala sesuatu menjadi lebih simple dan mudah. Salah satu teknologi yang menjadi tren di tahun 2017 lalu adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Beberapa tahun yang akan datang, AI disebut-sebut bakal bisa diandalkan dalam berbagai bidang. Apalagi di era Internet of Things ini. Sebab, ia memungkinkan manusia untuk mengerjakan tugasnya dengan lebih efisien.

Tren Teknologi Kecerdasan Buatan 2018

Selain Artifician Intelligence, teknologi lain yang diprediksi akan bersinar di sepanjang tahun ini adalah:

Aplikasi Pintar

Semua perangkat pintar, seperti smartphone, laptop, wearable device dan sebagainya, diperkirakan hendak dipasangi aplikasi pintar dengan chipset AI. Aplikasi tersebut mungkin akan menjadi bagian hidup manusia dan keberadaannya berpotensi mengubah pekerjaan sehari-hari.

Perangkat Pintar

Smart television, speaker pintar, drone serta mobil swakemudi adalah beberapa contoh perangkat pintar atau intelligence things yang telah dikembangkan. Sama halnya dengan aplikasi pintar, teknologi tersebut memanfaatkan AI dan machine learning (mesin pembelajaran) untuk pengoperasiannya. Tahun ini rupanya perangkat pintar akan semakin populer. Bahkan, banyak yang menganalisis bahwa teknologi akan melahirkan perangkat yang bisa dioperasikan tanpa bantuan manusia.

Admin Virtual

Mungkin Anda pernah merasa kesal saat menelepon layanan call center 24 jam, namun tidak kunjung mendapat jawaban. Nah, di tahun 2018 ini akan ada teknologi yang diciptakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu admin virtual berbasis kecerdasan buatan. Keuntungan bagi pebisnis yang menggunakannya adalah bisa irit biaya dan lebih efisien. Mungkin kedepannya, admin virtual tidak hanya berupa teks, tapi berbentuk avatar yang dapat diajak berbicara layaknya manusia.

Keamanan Berbasis AI

Sama saja bunuh diri, bukan jika pengembangan teknologi AI tidak disertai dengan sistem keamanan yang mumpuni? CARTA (Continous Adaptive Risk and Trust Assasment bisa menjadi salah satu solusi. Tingkat keamanan CARTA bahkan dapat memonitor dan menganalisis keamanan dalam waktu kurang dari satu detik sebelum terjadi serangan.

Itulah sederet teknologi-teknologi baru yang didominasi oleh kecerdasan buatan. Di antara daftar di atas, manakah yang paling Anda inginkan?

WhatsApp chat