Sudah menjadi hal umum dengan hadirnya Smartphone dalam kehidupan kita sehari – hari. Smartphone adalah salah satu perangkat elektronik yang dapat menyimpan data dengan mudah.

Data yang disimpan pada Smartphone ini bisa berupa dokumen yang sifatnya softcopy, foto, video, musik dan lain sebagainya. Tidak heran jika dokumen atau data yang ada pada Smartphone kita ingin sekali dibagikan. Bisa ke rekan kerja, teman ataupun keluarga. Sulit memang jika kita ingin memindahkan ataupun mentransfer data dari PC ke Smartphone / Android ataupun tablet tanpa harus menggunakan kabel. Karena biasanya hal tersebut dilakukan dengan menggunakan kabel. Tapi tidak perlu khawatir, kini teknologi sudah sangat canggih untuk menangani hal – hal seperti itu.

Bagaimana hal itu bisa terjadi?? Hanya dengan mengandalkan sebuah aplikasi dan koneksi wifi saja kita sudah bisa memindahkan ataupun mentransfer data dengan mudahnya. Sudah tersedia aplikasi transfer terbagi dari Google Play Store, yakni AirDroid. AirDroid adalah salah satu aplikasi untuk mentransfer data dari PC ke Smartphone maupun Android dan sebaliknya. Cara menggunakannya adalah:

1. Pastikan Smartphone yang digunakan sudah terinstall aplikasi AirDroid terlebih dahulu.

2. Tersambung dengan koneksi wifi

Sebelumnya buka terlebih dahulu aplikasi AirDroid pada Smartphone. Dan tidak lupa harus tersambung dengan koneksi wifi yang sama dengan PC / laptop.

3. Ketikan alamat IP

Jika sudah buka aplikasinya dan tersambung dengan wifi yang sama maka akan muncul informasi alamat IP. Pada saat itulah ketikan alamat Ipnya di browser PC dan Smartphone dengan PC akan langsung terhubung ke server AirDroid.

4. Munculnya tampilan

Selanjutnya setelah benar semua, maka browser yang digunakan akan menampilkan segala fitur yang ada di perangkat Smartphone seperti foto, kamera dan lain sebagainya.

5. Toolbox

Dibagian sisi kanan ada sebuah toolbox yang dapat digunakan untuk mendeploy AP sampai mengupload file atau data dari PC ke Smartphone. Untuk memindahkan atau mentransfer data tersebut adalah dengan mengklik ikon Files – klik kanan di file mana yang akan di unduh lalu klik tombol download.

Dengan menggunakan Aplikasi AirDroid ini, pengguna Smartphone akan lebih mudah memindahkan ataupun mentransfer data tanpa kabel. Itulah tips untuk mentransfer data Smartphone ke PC tanpa menggunakan kabel. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat