Sudah semakin banyak aplikasi mobile yang disediakan di Google Play Store. Aplikasi yang disediakan juga dapat diinstal di Smartphone dan dapat mempermudah kita dalam beraktifitas sehari hari.

Ada juga aplikasi mobile untuk mengontrol handset Smartphone Android dari layar personal komputer atau yang biasa kita sering sebut dengan PC. Tapi tidak semua aplikasi tersebut dapat diterapkan pada Smartphone Android.

Ada salah satu aplikasi yang cukup mudah dioperasikan. Aplikasi tersebut disebut dengan team viewer. Salah satu kelebihan aplikasi ini bisa mengontrol perangkat Smartphone Android di ruangan yang berbeda baik di dalam kantor maupun di rumah. Bisa juga mengatur settingan atau dapat mengelola fitur sesuai dengan yang diinginkan. Contohnya bisa mengatur alarm di Smartphone anda di ruang tamu meskipun anda sedang berada di ruangan lainnya. Cukup menarik bukan?

Berikut tips untuk mengontrol Smartphone Android melalui PC ataupun cara mengaplikasi Teamviewer ini di Smartphone Android:

  1. Langkah pertama install – lah aplikasi Teamviewer pada personal komputer ( PC ) dan Smartphone Android Anda. Cari aplikasi Teamviewer untuk Android langsung dari Smartphone di Google Play Store. Pada Personal Komputer ( PC ) windows bisa mengunduh atau menginstallnya melalui tautan ini. Pastikan semuanya sudah terinstall baik di Personal komputer ( PC ) maupun Smartphone Android.
  2. Setelah sudah dipastikan terpasang semua. Pastikan personal komputer ( PC ) dan Smartphone Android Anda sudah terhubung dengan koneksi internet. Karena untuk menjalankan aplikasi Teamviewer ini menggunakan koneksi internet. Setelah itu jalankan Teamviewer di komputer dan Smartphone Android sampai muncul ID. Masukkan partner ID Smartphone Android di PC lalu klik connect to partner. Nanti akan muncul pertanyaan “Allow remote support?” di Smartphone Android. Lalu pilihlah “allow” untuk memberikan otorisasi.
  3. Langkah selanjutnya jika sudah semua berhasil terhubung, Anda akan dapat melihat tampilan yang menunjukkan suatu informasi Smartphone Android di PC yang sudah diinstall kan aplikasi Teamviewer. Contohnya seperti CPU, RAM, IMEI, kapasitas baterai, ruang penyimpanan, resolusi layar dan masih banyak lagi yang dapat dilihat di PC. Selain mempermudah untuk mengetahui keadaan yang ada di Smartphone Android.

Setelah itu klik “Remote control” di sebelah pojok kiri atas untuk meremote. Di Smartphone Android anda tekan “allow” untuk memberikan akses atau jalan remote dari PC.

Itulah tips untuk mengontrol Smartphone Android melalui Personal Komputer ( PC ), cukup mudah bukan? Selamat mencoba semoga bermanfaat.

WhatsApp chat