Dengan adanya musim yang pancaroba seperti saat ini, tentunya kita tidak tau kapan adanya akan hujan karena tidak terprediksi oleh kita. Sering kali dengan adanya hal ini kita lupa bahwa kita membawa Smartphone. Ada kemungkinan Smartphone yang kita miliki terkena air dan menjadi basah.

Smartphone jika sudah terkena air pastinya akan menyebabkan Smartphone menjadi rusak bahkan tidak bisa dipakai lagi. Pastinya kita harus membeli Smartphone lagi, sungguh menyebalkan bukan?

Kita harus siap sedia untuk mengatasi adanya hujan ataupun air sekitar. Karena tidak mau Smartphone kita tidak terjadi apa apa. Jika Smartphone terkena air apa ada cara mengatasi Smartphone terkena air?? Tentunya ada cara mengatasi Smartphone yang terkena air. Berikut tips untuk mengatasi Smartphone yang terkena air:

1.Menjauhkan Smartphone dari area yang basah

Jika Smartphone terkena air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjauhkannya dari air lalu pindahkan ke area yang lebih kering dan jangan lupa langsung matikan dulu Smartphonenya. Karena dengan melakukan hal tersebut akan mematikan aliran listrik pada Smartphone nya jadi untuk menghindari korsleting. Jangan sampai Smartphone terjadi korsleting karena itu akan mengakibatkan Smartphone mati total. Jika mati total jalan terakhir adalah membeli Smartphone baru 😝

2.Lepaskan komponen yang terpasang pada Smartphone

Jika Smartphone terkena air atau Smartphone kebasahan dan sudah dijauhkan dari air, langkah selanjutnya melepaskan semua komponen yang terdapat pada Smartphone. Seperti, case, SIM Card, baterai, microSD. Hal yang terpenting pada Smartphone yaitu adalah data yang ada pada Smartphone itu sendiri. Data berharga itu sangat penting sekali untuk jangka panjang. Maka dari itu kita harus menyelematkan data berharga kita agar tidak hilang.

3.Keringkan Smartphone yang terkena air

Jika sudah semua komponen yang terpasang pada Smartphone dilepas, kemudian keringkan semua bagian Smartphone yang terkena air. Keringkanlah Smartphone dengan menggunakan tisu atau kain lembut yang dapat menyerap air. Untuk bagian mesinnya, pengguna Smartphone bisa menggunakan alat vacuum cleaner atau kipas komputer. Pada saat coba mengeringkannya jangan terlalu dekat dengan permukaan mesin Smartphone karena akan membuat komponen dalam Smartphone menjadi longgar.

4.Menyimpan Smartphone di dalam tempat yang berisi beras

Hal ini dapat membantu kita untuk mengatasi Smartphone yang terkena air. Caranya adalah masukan bagian mesin Smartphone ke dalam tempat yang berisi beras. Diamkan selama 24 jam. Menyimpan Smartphone pada tempat yang berisi beras ini untuk membuat Smartphone kering seutuhnya. Tapi ini belum pasti akan menyelamatkan Smartphone tidak mati ya.

Itulah tips untuk mengatasi Smartphone yang terkena air. Berhati – hatilah dalam menyimpan Smartphone agar tidak mudah terkena air. Semoga bermanfaat

WhatsApp chat