Hello Kawan, kali ini saya akan berbagi tentang tips mengatasi smartphone yang terkena air. Yuk kita simak ulasan berikut.

Pada zaman teknologi yang semakin canggih ini smartphone menjadi salah satu bagian yang penting dalam kehidupan apalagi di kalangan wirausaha dan kantoran. Selain membantu dalam pekerjaan smartphone juga mempunyai manfaat yang lain. Tapi jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada ponsel pintar anda seperti terkena air apa yang Anda lakukan ? Jangan takut ini beberapa tips mengenai smartphone yang terkena air.

1. Jangan Hidupkan Smartphone

Hal yang pertama Anda lakukan bila smartphone Anda terkena air adalah jangan menghidupkan smartphone walaupun ini sulit karena Anda khawatir apa smartphone Anda baik-baik saja atau tidak ? Anda harus tahu bahwa smartphone merupakan kumpulan elektronika yang tidak tahan terhadap air. Jadi jangan menghidupkan smartphone saat terkena air.

2. Lepas Baterai

Lepas baterai smartphone Anda bila sudah mengikuti langkah pertama, bila tipe baterainya unremovable cukup buka casing pada bagian belakangnya.

3. Keringkan Sebisa Mungkin

Setelah membuka casing dan melepas baterai, keringkan semua bagian yang dapat Anda jangkau untuk menghilangkan airnya. Lebih baik menggunakan kain kering atau tisu jangan pernah menggunakan hairdryer dan menjemur diatas sinar matahari. Hal ini memungkinkan terjadinya kerusakan pada komponen smartphone karena saat menjemur besi basah itu menjadi panas dan mengakibatkan mudah rapuh sehingga dapat merusak komponen itu sendiri.

4. Diamkan Dengan Gel Silika

Bila Anda asing dengan gel silika, gel silika ini terdapat pada sepatu yang baru diberi yang biasanya dikantong plastik berwarna putih. Gel silika ini berfungsi untuk menyerap uap air agar sepatu tidak lembab dan berjamur. Dari fungsi tersebut kita bisa gunakan pada smartphone yang sudah terkena air dengan cara masukan beberapa biji gel silika dan smartphone ke dalam kantong plastik zip-lock dan biarkan 1 hari atau lebih untuk memastikan bahwa smartphone benar-benar kering.

5. Rendam Dengan Beras

Mungkin cara ini sedikit aneh dan tidak masuk akal, tapi disini kita menggunakan sifat beras yang menyerap kelembaban. Oleh karena itu menimbun smartphone didalam beras menjadi alternatif jika kita tidak mempunyai gel silika. Tapi jangan lupa memisahkan antara beras yang Anda konsumsi dan beras yang digunakan untuk merendam smartphone, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi senyawa berbahaya pada baterai dan komponen smartphone agar tidak terkonsumsi oleh Anda.

Sekian dulu untuk hari ini yaa Kawan, Semoga bermanfaat. Terima kasih :)

WhatsApp chat