Membuat aplikasi android yang baik adalah langkah yang tepat agar meraih kesuksesan berbisnis aplikasi mobile. Karenanya sebelum meluncurkan aplikasi mobile, maka seorang developer wajib memastikan terlebih dulu kualitas aplikasi android dengan cara-cara berikut ini :

  1. Pakai Alpha Beta Testing

Seorang developer dapat menguji coba mobile app-nya terlebih dulu ke beberapa pengguna secara khusus. Pihak Google sendiri menghadirkan fitur ini pada developer console-nya. Selain itu, jika sebuah aplikasi telah memperoleh nilai yang bagus ketika melakukan alpha beta testing, kemungkinan besar mobile app tersebut bisa memperoleh penilaian yang bagus sesudah diluncurkan.

  1. Pakai Material Design

Google sebenarnya sudah memperkenalkan bentuk tampilan terbaru, Material Design yang dirilis tahun 2014 lalu. Material Design merupakan acuan dari sebuah desain mobile app yang bagus, dan semua developer mobile app seharusnya memakai desain tersebut.

  1. Menyesuaikan Karakter Pengguna

Sebelum menciptakan mobile app, developer perlu memikirkan adanya hambatan yang dihadapi oleh penggunanya. Di Indonesia sendiri, banyak pengguna memakai smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan rendah, ditambah lagi tinggal di area yang koneksi internetnya kurang bagus. Sebagai solusinya, developer harus berusaha menciptakan aplikasi yang ukuran file-nya kecil, tanpa memaksa para pengguna untuk mendownload dan mengupload data dengan kapasitas yang besar.

Trik Mendapatkan Banyak Pengguna Pada Aplikasi Mobile Anda

Sebenarnya Google sudah menyediakan aplikasi Google Play, untuk memudahkan pengguna menemukan berbagai aplikasi mobile. Tapi tak sampai disitu saja, untuk meraih banyak pengguna developer harus menerapkan strategi-strategi lanjutan.

Setiap aplikasi yang terdapat pada Google Play biasanya akan memperoleh halaman khusus berisi logo, nama aplikasi, deskripsi, dan tangkapan layar aplikasi tersebut. Sebagai seorang developer, Anda wajib memperhatikan semua konten yang ada di halaman tersebut dengan baik, mengingat kesan pertama dari pengguna akan sangat berpengaruh.

Sebenarnya, para developer juga dapat melakukan Alpha Beta Testing lewat isi halaman tadi. Seperti misalnya, seorang developer dapat membuat model-model logo aplikasi yang dibuatnya, serta melihat reaksi para pengguna terhadap model-model yang dibuat tersebut.