Sudah banyak aplikasi canggih yang sering kita sebut dengan aplikasi online pada Smartphone. Pengguna Smartphone harus berhati – hati dengan info – info yang menarik sehingga pengguna tergiur untuk mengikuti info tersebut.

Biasanya hal seperti itu adalah salah satu modus penipuan yang sengaja dibuat oleh orang – orang jahat. Modus yang digunakan biasanya seperti phishing, scam dan lain sebagainya. Yang sering sekali muncul adalah kasus phishing dan paling banyak mengalami kasus ini adalah di aplikasi WhatsApp.

Tidak hanya itu saja, banyak sekali pesan – pesan yang dapat memikat para pengguna Smartphone dengan modus memberikan pulsa gratis ataupun kuota. Dengan diberi iming – iming beli kuota sekian dapat bonus lebih banyak lalu diberi aba – aba untuk mengklik tauran yang ada di dalam pesan yang disampaikan. Pesan yang disampaikan pun menarik, hampir sama seperti dari operator padahal itu hanya tipudaya saja. Jangan sampai para pengguna Smartphone terjerat dengan modus – modus yang menggiurkan. Karena jika sudah masuk perangkapnya, semua data pribadi akan bisa mereka dapatkan. Berhati – hatilah dengan data yang kita punya, jangan sampai jatuh pada orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ada beberapa tips mencegah penipuan online melalui aplikasi agar terhindari dari hal – hal seperti itu.

1.Menghapus Informasi Pribadi

Salah satu mencegah terbongkarnya informasi pribadi, pengguna Smartphone bisa menghapus semua informasi yang sekiranya penting. Seperti alamat rumah, nomor handphone, telephone, profesi, media sosial. Karena dengan cara ini pengguna tidak akan mengetahui informasi pribadi pengguna. Jika ingin memasang suatu informasi,  pasanglah info yang sekiranya tidak terlalu bersifat pribadi.

2.Selalu Tinjau Pengaturan Privasi

Cek selalu pengaturan privasi pengguna. Cara ini salah satu untuk melindungi adanya orang lain untuk mengetahui privasi pengguna. Dengan mematikan ayana lokas GPS, orang lain tidak dapat melacak lokasi dimana kita berada.

Itulah tips untuk mencegah penipuan online melalui aplikasi Smartphone. Jangan sampai kita menjadi salah satu korban penipuan orang yang tidak bertanggung jawab. Berhati – hatilah dalam  menggunakan aplikasi Smartphone.

WhatsApp chat