Sudah banyak sekali keluhan yang dialamai oleh sebagian masyarakat mengenai borosnya kuota internet di Handphone Android. Karena kuota internet ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang menjadi sangat penting untuk kehidupan jaman sekarang. Apalagi jaman sekaran sudah semakin canggih dan untuk melakukan pekerjaan pun harus menggunakan kuota internet.

Kita harus tau dulu apa yang menyebabkan internet di handphone Android cepat sekali habis atau boros bahkan terkuras. Jadi yang menyebabkan kuota internet cepat habis itu bisa di buka menu pengaturan – klik manager aplikasi – nanti akan muncul aplikasi berjalan. Nah banyak daftar aplikasi yang berjalan, aplikasi yang sedang berjalan itulah yang membuat kuota cepat habis atau terkuras bahkan bisa membuat RAM cepat penuh juga.

Sebagai contoh:

Ketika Anda hanya memakai aplikasi seperti WhatsApp di handphone Android padahal hanya 1 aplikasi saja tetapi kuota internet di handphone Android Anda tetap saja cepat habis meskipun tidak membuka aplikasi lainnya. Ternyata itu disebabkan karena aplikasi yang lain itu mengakses ke internet pada saat kita mengaktifkan koneksi internet. Aplikasi dibelakang background itu seperti BBM, Line App, Google play store dan aplikasi yang lainnya. Adanya pengaktifan secara otomatis ini dikarenakan aplikasi ini sudah mendapatkan permission lisence. Kita harus tau apa itu permission lisence yang terdapat di aplikasi tadi, yaitu untuk mengakses aplikasi lain tanpa harus buka aplikasinya.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kita bisa menggunakan aplikasi Droidwall. Untuk menghalangi aplikasi yang tidak digunakan atau tidak dibuka agar tidak terakses oleh internet.

Caranya adalah: download aplikasi droidwall – buka aplikasinya – nanti akan muncul panduan mana saja yang diperkenankan atau dibolehkan untuk bisa mengakses jaringan internet melalui koneksi data ataupun Wifi.

Lalu beri tanda centang untuk aplikasi yang diperbolehkan untuk bisa mengakses internet pada saat menghidupkan koneksi data. Dan yang tidak dicentang itu untuk aplikasi yang tidak diperbolehkan untuk mengakses internet walaupun aplikasinya kita buka.

Selanjutnya makesure kembali firewall disable dan log enable selalu berwarna hijau – pilih Save rules. Seperti yang tadi sudah dibahas yang dicentang itu yang diperbolehkan mengakses internet, dan yang tidak dicentang itu yang tidak diperbolehkan mengakses koneksi internet atau langsung ke kuota internet.

WhatsApp chat