Tetra Centre, Ketika Guru Berbagi Ilmu Melalui Android. Teknologi memang diciptakan untuk semakin mempermudah para penggunanya, ditangan yang tepat, teknologi bisa berfungsi sebagai alat untuk saling berbagi ilmu pengetahuan. Berangkat dari hal tersebut Teacher Training Center atau lebih dikenal sebagai “Tetra Centre” selaku pusat pelatihan guru bekerja sama dengan developer lokal memulai ekspansinya kepasar mobile dengan merilis aplikasi pembelajar berbasis android yaitu Tetra Centre .

 

 

Berbeda dengan aplikasi pembelajar sejenis, Tetra Centre sejatinya ditujukan khusus bagi seorang guru yang merasa perlu untuk mengupgrade skill mereka. Melalui aplikasi Tetra Centre, para guru bisa berperan sebagai guru pembelajar (Participant) atau juga bisa bertindak sebagai coaching/mentor yang dalam hal ini disebut sebagai Eduspirator bagi guru-guru pembelajar lainnya. Selain itu, melalui aplikasi Tetra Centre para guru yang mendaftar bisa menjual berbagai media pembelajar hasil karya mereka melalui aplikasi ini.

 

Pada halaman muka saat pertama kali membuka aplikasi, para pengguna aplikasi ini akan dihadapkan pada sebuah halaman yang mengharuskan pengguna untuk login jika sebelumnya pernah mendaftar atau sign up jika baru pertama kali mendownload aplikasi ini.  Dihalaman sign up pengguna juga akan diberikan pilahan mendaftar sebagai Eduspirator yang dalam hal ini bertindak sebagai coaching/mentor atau Participant jika mendaftar sebagai guru pembelajar.

 

Tetra-Centre,-Ketika-Guru-Berbagi-Ilmu-Melalui-Android-24102016-gari1

 

Tetra Centre, Ketika Guru Berbagi Ilmu Melalui Android. Selanjutnya seperti pada aplikasi lainnya, para pendaftar diharuskan mengisi form dan mengupload foto mereka sebelum akhirnya resmi menjadi Eduspirator/Participant. Setelah resmi terdaftar menjadi Eduspirator/Participant, penggunanya akan masuk kehalaman utama yang berisi menu Information, Edushare dan Edushop. Pada menu Information, pengguna Tetra Centre bisa mengupload informasi apapun yang terkait dengan dunia pendidikan,

 

Tetra-Centre,-Ketika-Guru-Berbagi-Ilmu-Melalui-Android-24102016-gari2

 

Namun saat penggunanya memilih menu Edushare, pengguna Tetra Centre akan dibawa ke dalam halaman baru yang berisikan menu seperti menu EduClass. Layaknya ruang kelas dalam halaman Educlass penggunanya bisa belajar sebagaimana siswa memasuki ruang kelas. Jika penggunanya mendaftar sebagai Participant, saat memilih menu EduClass penggunanya akan masuk kedalam halaman baru yang memungkinkan penggunanya untuk memilih Eduspirator yang akan mereka ikuti. Masuk kehalaman Eduspirator yang dipilih, para Participant bisa mengikuti kelas yang mereka ajarkan.

 

Tetra-Centre,-Ketika-Guru-Berbagi-Ilmu-Melalui-Android-24102016-gari3

 

Kelas yang mereka (Eduspirator) ajarkan biasanya mengikuti keahlian mereka dibidang masing-masing. Sebagai contoh saat memilih Eduspirator tertentu, dihalaman Eduspirator tersebut akan muncul spesifikasi/kelas yang ia ajarkan. selain itu melalui halaman Eduspirator yang dipilih juga tertera menu untuk mengumpulkan tugas (Assignment), Chat dan Call untuk menghubungi Eduspiratornya langsung.

 

Tetra-Centre,-Ketika-Guru-Berbagi-Ilmu-Melalui-Android-24102016-gari4

 

Di menu Edushare selain berisi EduClass, juga berisi berbagai menu untuk para penggunanya berbagi pengetahuan seperti: EduVideo untuk mereka yang ingin berbagi pengetahuan (tentu masih dalam batasan seputar dunia pendidikan) dalam bentuk video E-learning, EduPaper jika ingin berbagi tulisan dan EduMedia bagi mereka yang ingin berbagi media pembelajaran. Karna sesuai dengan tujuan awal, aplikasi Tetra Centre memang dimaksudkan bagi sesama rekan guru untuk belajar dan berbagi ilmu pengetahuan mereka.

 

Tetra-Centre,-Ketika-Guru-Berbagi-Ilmu-Melalui-Android-24102016-gari5

 

Tetra Centre, Ketika Guru Berbagi Ilmu Melalui Android. Beralih dari menu EduShare, dalam aplikasi Tetra Centre juga memuat satu buah menu yang memungkinkan guru-guru pembelajar menjual hasil karya mereka melalui menu EduShop. Pada menu ini pengguna aplikasi Tetra Centre dimungkinkan untuk menjual hasil karya mereka berupa tulisan, video tutorial ataupun media pembelajaran lainnya.

 

Tetra-Centre,-Ketika-Guru-Berbagi-Ilmu-Melalui-Android-24102016-gari6

 

Untuk saat ini Tetra Centre baru bisa diunduh melalui perangkat mobile berbasis Android, kedepan akan menyasar ke pasar iOS.

WhatsApp chat