Banyak sekali kejadian Smartphone pada saat mengisi data baterai tidak terisi dengan semestinya. Sering juga daya baterainya cepat sekali habis, bisa jadi chargernya yang rusak.

Bagaimana dengan Smartphone yang tidak bisa dicharge? Jangan beranggapan dulu kalau charge baterainya rusak. Yuk kita bahas bagaimana cara memperbaiki Smartphone yang tidak bisa dicharge.

Berikut cara memperbaiki Smartphone yang tidak bisa dicharge:

1.Perbaiki dulu port USB

Itu merupakan salah satu cara yang mudah untuk memperbaiki smartphone yang tidak bisa dicharge. Tidak hanya itu bisa memperbaikinya hardware punya sendiri. Biasanya masalah yang muncul karena bahan metal dalam port USB dan charger MicroUSB itu tidak terhubung dengan baik. Hal itu disebabkan karena keseringannya cabut colokan dari kabel charger. Caranya matikan Smartphone Anda, copot baterai Smartphonenya. Anda bisa menggunakan benda kecil seperti tusuk gigi atau jarum untuk menaikkan tab kecil yang ada di dalam port USB pada Smartphone Anda. Hati – hati ya, diperhatikan jangan sampai rusak. Jika sudah masukkan kembali baterai. Silahkan bisa dicoba kembali nyalakan.

2.Bisa juga dengan menukar kabel charger dengan kabel charger Smartphone lain

Gantilah kabel charger Smartphone Anda dengan kabel charger lain. Karena bisa jadi ada masalah dengan kabel chargernya. Karena bagian yang terkecil pada charger itu adalah kabelnya. Jika masalah bukan dari kabelnya bisa jadi juga pada adapternya.

3.Selain itu juga bisa mengupdate software, karena pastikanlah softwarenya selalu update. Karena software terbaru saat ini dilengkapi dengan fitur Power Saving untuk ketahanan daya baterai.

Nah itulah beberapa bagaimana caranya memperbaiki Smartphone yang tidak bisa dicharge. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat