Perkembangan dunia teknologi terutama di mobile gadget membuat banyak orang ingin karir sebagai pembuat aplikasi. App sekarang ini cukup populer karena dapat merambah ke banyak hal. Mulai dari hiburan, bisnis, lifestyle dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin menjadi creator aplikasi mobile, Anda tentu perlu memiliki skill dan belajar. Walau sekarang sudah ada beberapa aplikasi yang memudahkan proses membuat app, beberapa skill ternyata penting untuk membuat aplikasi advance. Anda tentu tidak mau karena keterbatasan skill, aplikasi yang Anda buat biasa saja bukan?

Untuk menjadi sukses dalam membuat mobile app, pastikan belajar untuk dapatkan skill – skill berikut ini:

JavaScript

Jika Anda adalah front-end developer, memiliki skill mengelola JavaScript bisa jadi hal yang berguna. Hal ini terutama karena framework JavaScript yang terbaru, lengkap memiliki tool yang diperlukan untuk membuat mobile app.

Framework terbaru ini memiliki nama React Native dan Angular. React Native adalah framework yang memastikan Anda belajar sekali dan dapat menggunakan pengetahuan code tersebut di mana saja. Hal ini membuat teknik coding Anda bisa dipakai di berbagai platform.

Sedangkan framework Angular memiliki toolset yang detail dan dapat dikombinasikan dengan berbagai code JavaScript lain. Hal ini tentu memastikan bahwa Anda dapat melakukan perubahan pada framework tergantung style dan project yang Anda kerjakan.

Cross Platform Development (UX/UI design)

Sebagai pembuat mobile app, Anda tentu harus serba bisa. Mulai bekerja dengan platform tertentu (iOS dan Android), bentuk desain tertentu dan berbagai permintaan client yang lain. Karena itu Anda juga harus belajar tentang desain – desain UX dan UI.

Desain UI yang buruk bisa membuat user tidak nyaman. Jadi selalu sesuaikan desain – desain ini dengan native platformnya. Bentuk user Android tentu lebih nyaman dengan desain UI standar Android dan begitu juga dengan user iOS. Membuat adaptive layout tergantung platform ini harus dikuasai.

Cloud Computing

Untuk memudahkan Anda membuat aplikasi yang multi-platform, Anda bisa menggunakan teknologi Cloud Computing. Jika menggunakan teknologi ini, Anda bisa akses code aplikasi di mana saja dan melakukan perubahan lebih mudah.

Cloud Computing juga bisa meningkatkan performa aplikasi karena menggunakan sistem komputasi dari luar. Para user tidak perlu lagi menggunakan gadget yang high-end untuk menikmati aplikasi Anda yang intensif dan berat.

Jika Anda ingin belajar lebih soal pembuatan mobile app, segeralah mendaftar di DUMET School. DUMET School adalah tempat kursus berkualitas tentang semua ilmu yang berhubungan dengan internet. Mulai dari membuat website, bisnis online, digital marketing, membuat app dan masih banyak lagi. Tempat kursus ini juga memberikan Anda akses ke tool premium tanpa Anda harus membayar lagi. Jadi tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang juga!