Dengan hadirnya berbagai aplikasi di smartphone, tentu akan memudahkan Anda untuk menjalankan aktifitas, misalnya menghubungi rekan kerja melalui aplikasi chatting, mendengarkan musik, bermain game dan sebagainya. Tapi, Anda harus berhati-hati saat hendak menginstall banyak aplikasi karena bisa membuat smartphone semakin lemot, terutama bila kapasitas penyimpanan yang dimiliki sangat terbatas.

Aplikasi yang Bikin Lemot Smartphone

Setidaknya ada empat aplikasi yang harus diuninstall supaya tidak membuat smartphone Anda lemot, yaitu:

  1. Aplikasi Cuaca. Kehadiran aplikasi cuaca sangat membantu pengguna untuk mengetahui informasi mengenai cuaca di hari tersebut, apakah cerah, mendung, gerimis, hujan dan sebagainya. Tapi karena adanya update prakiraan cuaca yang sering dilakukan secara berkala, ternyata bisa membuat baterai cepat habis dan cenderung boros. Apalagi jika Anda memasang widget cuaca di layar home.

Apabila ingin tetap memanfaatkan aplikasi untuk memprediksi cuaca tersebut, Anda bisa menggunakan fitur dari Google dengan menanyakannya secara langsung mengenai informasi terkait.

  1. Anti virus. Smartphone memang rentan terkena serangan malware, virus dan sebagainya. Oleh karena itu, anti virus dibutuhkan sebagai pelindung smartphone dari hal-hal tersebut. Akan tetapi, aplikasi anti virus mempunyai kekurangan, yaitu bisa memakan banyak daya baterai, terutama yang diunduh dari situs abal-abal. Meskipun begitu, Anda masih bisa mengakalinya dengan mendownload aplikasi di situs resmi yang terjamin keamanannya.

  2. Aplikasi pembersih. Supaya performa smartphone meningkat dan lebih lancar, Anda bisa menghapus cache (data sisa) yang memakan kapasitas memory dengan aplikasi pembersih. Tapi, Anda harus berhati-hati mengingat beberapa aplikasi justru bis menyisakan sampah dan berpotensi menghabiskan daya baterai. Sebaiknya bersihkan cache secara manual melalui menu Settings atau Pengaturan di smartphone Anda.

  3. Aplikasi browser bawaan smartphone. Aplikasi browser bawaan smartphone ternyata bisa memakan kuota internet yang cukup besar. Selain itu, aplikasi tersebut juga sering membuat smartphone menjadi lemot. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengunduh aplikasi browser lain yang mempunyai fitur dapat meminimalisir penggunaan data saat digunakan untuk mengunjungi situs tertentu.

Cermat-cermatlah dalam menginstall sebuah aplikasi karena Anda tidak tahu bagaimana dampaknya pada smartphone. Selain terkena virus, smartphone bisa lemot bahkan macet dengan sendirinya ketika sedang digunakan untuk hal yang penting.

WhatsApp chat