Smartphone mempunyai fitur yang dapat memudahkan penggunanya untuk mengatur ponsel sesuai keinginan, termasuk memilih program yang diperlukan untuk menunjang produktifitas mereka. Tapi, ternyata tidak semua program atau aplikasi yang dapat diinstall di smartphone terjamin keamanannya. Banyak di antara aplikasi tersebut yang membawa berbagai malware, virus, bloatware dan sebagainya.

Aplikasi Android yang Berbahaya Bagi Smartphone

Sebenarnya, ada banyak perbedaan antara aplikasi smartphone yang aman dengan tidak. Tapi, hal itu cukup sulit dideteksi, terutama apabila Anda tidak begitu paham mengenainya. Berikut ini beberapa tips untuk mengetahui aplikasi yang berbahaya bagi smartphone Anda:

  1. Tidak tersedia di situs resmi. Saat ini, banyak aplikasi yang disediakan oleh developer melalui website secara langsung tanpa harus mendownloadnya dari situs resmi. Jika Anda kebetulan menemukan sebuah aplikasi berekstensi .apk dari sebuah website atau blog sebaiknya hati-hati. Apalagi jika aplikasi tersebut tidak tersedia di situs resmi. Sebab, bisa jadi aplikasi itu tertempeli virus yang dapat merusak smartphone Anda.

  2. Izin pemasangan aplikasi yang mencurigakan. Biasanya, ada langkah-langkah tertentu dalam memasang aplikasi, salah satunya melalui tahapan izin pemasangan. Anda perlu waspada apabila izin pemasangan tersebut tidak relevan karena beresiko mengambil data-data penting dalam smartphone dan secara otomatis diunggah ke internet dalam servernya.

  3. Deskripsi aplikasi mencurigakan. Tak jarang kita menemukan aplikasi yang deskripsinya mencurigakan. Maksudnya, tidak jelas dan cenderung tidak relevan dengan aplikasi tersebut. Hal itu dikarenakan aplikasi dibuat oleh developer abal-abal yang sebetulnya masih belum mengetahui marketing atau teknik pemasaran produknya.

  4. Jumlah download, review aplikasi dan reputasi negatif. Apabila Anda menemukan aplikasi yang telah didownload oleh ribuan hingga jutaan orang serta memperoleh rating 4-5, berarti aplikasi tersebut aman dan bisa dipercaya. Selain itu, baca review aplikasi smartphone itu dari pengguna lain, apakah layak diinstall atau tidak.

Selama Anda mendownload aplikasi yang dibutuhkan di situs resmi, tidak perlu khawatir dengan virus dan semacamnya. Sebab, situs resmi menyediakan aplikasi yang keamanannya terjamin dan berada dalam pengawasan serta pertanggungjawabannya.

WhatsApp chat