Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan app store dan google play. Aplikasi app store pada umumnya digunakan untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad, aplikasi ini digunakan untuk mengunduh aplikasi yang dikembangkan oleh Apple iOS SDK. Sedangkan google play digunakan untuk perangkat berbasis android. App store dan google play termasuk aplikasi yang digunakan untuk mengunduh aplikasi lainnya, namun ada sejumlah perbedaan antara keduanya. Apa saja perbedaan itu? Apa kekurangan dan kelebihan masing-masing? 

 

  1. Sistem yang terbuka dan tertutup
    Untuk google play menggunakan sistem terbuka. Pengembang dapat langsung mempublikasikan aplikasi mereka ke google play tanpa harus dipilih melalui otoritas pusat. Yang artinya google play memiliki banyak variasi aplikasi. Sedangkan app store menggunakan sistem tertutup. Yang artinya aplikasi harus diperiksa terlebih dahulu dengan Apple dan Apple akan memutuskan aplikasi mana yang boleh dan tidak boleh dijual di app sotre.
  2. Kategorisasi
    Google Play adalah store terburuk untuk kategorisasi. Mereka hanya membagi puluhan ribu game ke dalam 6 kategori saja.  Apple app store di satu sisi mempunyai pembagian kategori yang sangat jelas, rapi dan teroganisir. Sebagai permulaan, gamenya sendiri dibagi atas 19 kategori dan setiap kategori terbagi lagi atas 4 sub kategori yaitu game paling baru, game paling hot, seluruh game berbayar dan seluruh game
  3. Sistem Redeem & Gifting
    Untuk urusan ini apple app store adalah pemenangnya. Google play sampai saat ini tidak mendukung sistem redeem dan gifting sehingga GameSaku selalu membagikan game untuk iOS setiap minggunya karena tidak ada mekanisme yang memungkinkan kita untuk memberikan Anda game lewat Google Play.
  4. Kemudahan akses
    Google Play jauh lebih enak dan mudah untuk diakses. Karena Anda tidak perlu gadget dan bisa mengakses lewat browser, sedangkan app store memerlukan gadget atau setidaknya sebuah PC dengan iTunes yang terinstall untuk download sebuah game.
  5. Pembaruan
    Untuk masalah pembaruan kedua store ini mempunyai masalah yang relatif mirip. Mereka harus mendownload keseluruhan gamenya untuk melakukan pembaruan. Ketika melakukan pembaruan di Google Play, ia akan memberitahukan bahwa pembaruan ini membutuhkan modifikasi harddisk, akses network communication.
  6. Ketersediaan Informasi
    Google Play mempunyai video trailer game sehingga kita tidak perlu mencari lagi. Tapi terkadang di dalam aplikasinya suka meminta tambahan penyimpanan jadi tidak sesuai dengan apa yang ditanamkan di keterangannya.

Bisa Anda simpulkan sendiri dan Anda bisa menentukan lebih memilih App Store atau Google Play?

Semoga bermanfaat 🙂

WhatsApp chat