Sering kita kenal WhatsApp sebagai layanan chat terbaik, karena selalu memberikan update an – update an pada fiturnya.

Banyak sekali masyarakat yang menggunakan WhatsApp ini sebagai aplikasi untuk chatting dengan teman, rekan kerja maupun saudara. Menggunakan aplikasi ini mudah sekali pada saat kita melakukan chatting. Pada saat sedang chatting secara otomatis memiliki history chat tersebut. Adakalanya kita ingin menghapus pesan tersebut di historynya. Tapi pesan atau history tersebut pada platform iOS ternyata tidak terhapus dengan sepenuhnya. Meskipun sudah menekan tombol Delete chat pesa tersebut masih tersimpan namun dalam bentuk log yang dapat dipulihkan kembali. Hal ini disebabkan karena masalah pada SQLite Library yang digunakan dalam menyusun kode – kode program aplikasi WhatsApp.

Seharusnya jika sudah menekan tombol Delete chat tersebut WhatsApp akan menghapus dan melakukan Overwrite didata pesan yang dipilih. Tapi ternyata tidak demikian, WhatsApp tidak melakukan overwrite.

Sebenarnya tanpa melakukan overwritepun pesan pada WhatsApp masih tetap tidak terhapus dan masih bisa dipulihkan kembali dengan alat forensik khusus. Jadi meskipun menggunakan iCloud tidak cukup  melindungi juga.

Meskipun demikian WhatsApp tetap melindungi data – data pribadi dengan menggunakan enkripsi di semua jalur data yang berisikan pesan antar penggunanya. Jadi pesan yang terdapat  di WhatsApp dapat teramankan dari masalah penyadapan pihak luar.

Jadi pesan pada WhatsApp yang masih bisa dibaca meski sudah dihapus. Jadi berhati – hatilah dalam  menggunakan. Semoga bermanfaat ya

WhatsApp chat