Memang Smartphone tanpa adanya koneksi internet bisa dikatakan tidak ada apa apanya. Karena sudah menjadi salah satu kebutuhan kita sehari hari. Sampai tidak berpikiran untuk tidak membeli kuota lagi karena cepatnya habis kuota yang terpakai. Salah satu penyebabnya adalah seringnya streaming video, game online, dan lain sebagainya.

Berikut salah satu penyebab yang buat kuota internet di Smartphone cepat sekali terpakai habis,

  1. Auto Update merupakan penyebab yang buat kuota internet di Smartphone cepat sekali habis. Karena sering sekali ada aplikasi di Play Store yang secara otomatis update pada perangkat lunak Smartphone Android. Dengan secara otomatis inilah yang dapat menguras kuota yang ada. Bisa anda bayangkan Smartphone anda mengupdate lebih dari 10 aplikasi setiap periodenya, berapa banyak kuota yang terpakai hanya dengan update aplikasi yang ada di Smartphone Android kita. Caranya agar tidak terjadi hal seperti itu, kita bisa mengatur cara update aplikasi di Play Store kita untuk update secara manual. Salah satunya dengan menggunakan Wifi.
  2. Dengan melakukan streaming video di smartphone itu bisa mengurase kuota internet yang ada di Smartphone Android. Memang lebih enak dengerin music sambil lihat videonya atau lihat film tapi kayanya lebih baik jangan menggunakan streaming ya, karena itu akan menguras kuota internetmu. Lebih baik lihat di TV saja ya. Jika memang tetap ingin melakukan streaming Anda harus bisa mengatur cara agar tidak terlalu boros sekali. Bisa juga disiasati dengan membeli kuota yang unlimited. Karena kini sudah banyak macam macam paket internet yang telah disediakan oleh operator.
  3. Game online juga merupakan salah satu penyebabnya. Game online ini yang mengharuskan para pengguna Smartphone Android menggunakan kuota internet. Kita bisa survey setiap pemain game online pasti lupa akan waktu, dan tanpa kita sadari kuota internet yang kita punya secara otomatis akan terkuras. Jika ingin tetap bermain game, anda harus pintar pintar mencari game yang tidak memerlukan kuota.
  4. Pasti kalian kalian para pengguna Smartphone Android memiliki social media bukan? Aplikasi social media ini juga menggunaka kuota untuk menjalankannya. Tanpa adanya kuota aplikasi ini tidak bisa berjalan. Meskipun kita tidak menggunakannya tapi jika paket data internet aktif itu juga akan berjalan, walaupun hanya chek in atau posting, atau hanya mengecek timeline sosmed kita. Bisa kita tidak memakai kuota internet yang tidak berlebih, tapi tidak mendapatkan gambar yang ditampilkan di aplikasi sosmed kita.
WhatsApp chat