Baru baru ini ada pemberitaan salah satu smartphone dari merk smartphone terkemuka meledak, yaitu Samsung Galaxy Note 7. Padahal smartphone dengan merk ini sudah terkenal bagus sekali. Selain itu ada juga pemberitaan baterai smartphone yang meledak. Apa saja sih faktor yang menyebabkan smartphone meledak dan apakah ada cara mencegahnya? Yuk baca artikel ini sampai akhir

Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti mengenai penyebab meledaknya smartphone keluaran Samsung itu selain dari pihak Samsung itu sendiri. Memang banyak yang menebak apa penyebab meledaknya smartphone ini tapi sebenarnya itu hanya menerka-nerka. Pihak Samsung menghimbau pengguna untuk berhenti menggunakan Galaxy Note 7 dan diminta mengembalikan ke service center. Sementara, penggantinya sudah dalam tahap produksi dan segera didistribusikan. Selain penggantian unit baru, bahkan ada beberapa yang menawarkan pengembalian dana langsung.

Biasanya penyebab smartphone meledak adalah Overheat karena pengisian daya baterai yang berlebihan. Baterai akan mengalami overheat ketika terdorong oleh reaksi kimia, karena sedang mengisi daya baterai maka sistem tidak bisa mendinginkan dan bisa menyebabkan thermal runaway. Ketika terjadi thermal runaway, baterai mulai menghasilkan panas sendiri sehingga bagian elektrolit akan menjadi terlalu panas dan menciptakan uap dan bisa membangun tekanan sampai memecahkan casing baterai. Panas pun menyebar ke komponen lain dan sangat mudah terbakar setelah terkena udara.

Semua smartphone berkemungkinan bisa meledak loh bukan hanya Galaxy Note 7. Ada beberapa faktor yang menyebabkan baterai cepat panas yaitu pemakaian charger yang tidak original dan juga menggunakan smartphone ketika sedang di charge. Maka dari itu, cara mencegah agar smartphone tidak meledak yaitu hindari penggunaan charger yang tidak original dan ketika sedang mengisi daya baterai smartphone hendaknya jangan sambil digunakan.

WhatsApp chat