Semua pengguna smartphone tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya fitur Fingerprints atau sensor sidik jari. Fitur yang keberadaannya dimaksudkan untuk menambah keamanan penggunaan gadget Anda ini, memang berfungsi maksimal untuk mencegah orang lain dapat mengakses ponsel yang Anda miliki. Jika dulunya Fingerprints terbatas pada menjaga keamanan ponsel Anda, kini telah hadir Fingerprints Gesture yang diklaim memiliki fungsi lebih dari sekedar pengaman ponsel.

Fingerprints Gesture Pengganti Banyak Jenis Button

Sebelum mengulas lebih banyak tentang fitur Fingerprints Gesture, tidak ada salahnya jika Anda mengingat sedikit mengenai Fingerprints. Cara kerja fitur Fingerprints ini dengan merekam atau menyimpan pola garis yang ada pada sidik jari Anda sekaligus mengidentifikasinya. Sehingga hanya usapan sidik jari Anda saja yang memungkinkan untuk mengakses ponsel pribadi Anda. Selain itu, Anda tidak mendapatkan kelebihan lainnya dari fitur yang satu ini.

Baru-baru ini dengan cara kerja yang sama, Fingerprints Gesture tidak hanya sekedar mengamankan akses ponsel Anda. Fitur yang satu ini telah berevolusi sehingga Anda bisa menggunakan sensor sidik jari untuk menggantikan banyak dari menu-menu favorit Anda. Tidak hanya mengunci dan membuka ponsel, namun Anda juga bisa melakukan screenshoot, melakukan scroll up dan scroll down hingga membuat Anda kembali lagi ke home.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk menambahkan adanya proses rooting pada ponsel atau gadget Anda yang lain, penggunaan fitur Fingerprints Gesture ini juga dapat semakin dioptimalkan. Karena dengan adanya proses rooting tambahan tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Fingerprints Gesture untuk akses lainnya semisal scrolling app hingga mengaktifkan mode sleep dengan hanya bantuan sensor sidik jari tanpa menggunakan bantuan tombol yang merepotkan.

Menciptakan Sebuah Shorcut

Selain sebagai pengganti banyak jenis button pada smartphone atau ponsel Anda, penggunaan Fingerprints Gesture ini semakin maksimal karena Anda bisa memanfaatkannya untuk menciptakan sebuah shorcut. Hanya dengan menggunakan bantuan pola sidik jari yang terekam, Anda bisa menciptakan sebuah shortcut yang akan mendukung navigasi ponsel lebih mudah. Tidak hanya satu namun Anda bisa menciptakan banyak jenis shortcut sesuai kebutuhan.

Cukup dengan menciptakan sebuah gesture khusus dan unik yang mudah diingat, Anda bisa membuat sebuah shortcut untuk memainkan lagu kesukaan. Atau melalui gesture khusus tersebut, Anda bisa melakukan kendali atau kontrol pada salah satu aplikasi musik di ponsel. Selain itu Anda juga bisa mengakses flashlight dengan hanya satu usapan jari yang sederhana tanpa harus mengaturnya lewat pengaturan hingga widget.

WhatsApp chat