Aplikasi smartphone yang sangat beragam merupakan salah satu alasan mengapa perangkat tersebut dapat memberi banyak manfaat karena memiliki banyak fungsi. Salah satu aplikasi yang memiliki manfaat langsung bagi pengguna dan penggunaan perangkat smartphone adalah AppLock. Sesuai namanya; AppLock merupakan aplikasi keamanan yang berfungsi untuk mengunci aplikasi yang terpasang di smartphone agar tidak dapat dibuka kecuali dengan mengisi password atau kata sandi. Aplikasi keamanan tersebut bisa sangat berguna untuk menjaga privasi pengguna smartphone; terutama jika tinggal bersama dengan orang yang iseng dan tidak menghargai privasi ataupun mencegah anak – anak agar tidak membuka aplikasi tertentu ketika memegang smartphone.

AppLock dapat diunduh dan digunakan dengan gratis oleh pengguna smartphone. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh DoMobile Lab dan sangat mudah untuk digunakan. Pada saat pemasangan dan pemakaian pertama kali; pengguna akan diminta mengisi email yang digunakan untuk konfirmasi dan membuat pola untuk membuka kunci. AppLock kemudian akan menyimpan informasi tersebut dan mengarahkan pengguna untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin diamankan dengan menggunakan aplikasi keamanan tersebut. AppLock dapat mengunci aplikasi sesuai kebutuhan penggunanya. Sehingga tidak semua aplikasi akan terkunci oleh AppLock; namun hanya aplikasi tertentu saja yang dipilih pengguna untuk diamankan.

Kelebihan AppLock salah satunya ada pada pengaturan sistem penguncian. Selain menggunakan pola; AppLock memungkinkan pengguna untuk membuat sandi dengan angka. Satu tambahan penting tentang pengaturan sandi dan prosedur membuka kunci dari AppLock ada pada pilihan mengubah susunan angka di papan kunci atau keyboard secara random. Pilihan tersebut akan menyulitkan siapapun untuk membuka kunci karena susunan angka di keyboard selalu berubah setiap kali dibuka. Pengguna yang memilih untuk menggunakan pilihan tersebut juga harus ekstra hati – hati dan mengingat betul sandi yang digunakan agar tidak lupa dan tidak dapat membuka aplikasi yang dikunci. Fitur lain yang membuat AppLock menjadi istimewa adalah pilihan untuk membuat profil pengaturan. Pilihan ini akan memungkinkan pihak lain seperti anak atau pasangan agar dapat membuka aplikasi tertentu yang telah diatur sebelumnya.

WhatsApp chat