Mengenal Sistem Pemindai Wajah Milik Apple iPhone Generasi Terbaru Part5. Saat iPhone X (baca : 10) pertama kali diumumkan, salah fitur terbaru yang dihadirkan dalam iPhone spesial edisi ke 10 tahun tersebut adalah fitur FaceID. Memanfaatkan fitur Face Recognition, FaceID membawa iPhone X sebagai salah satu temuan inovasi terbaik saat ini dan membuatnya selangkah lebih maju dibanding para pesaingnya.

Fitur FaceID di iPhone X, selain berfungsi sebagai kata sandi untuk membuka kunci iPhone X juga dapat difungsikan sebagai verifikasi pembayaran secara virtual. Sehingga para pengguna iPhone X dimungkinkan menggunakan wajah mereka sendiri ketika ingin melakukan pembayaran secara virtual. FaceID sendiri secara eksklusif baru ada pada iPhone X.

Berikut ini adalah hal yang mesti diketahui terkait FaceID

  • FaceID tidak ada hubungannya dengan Animoji di iPhone X

Selain Face ID, Apple juga memberikan satu fitur Eksklusif yang hanya ada pada iPhone X yaitu fitur Animoji. Animoji sendiri adalah salah satu fitur baru dari Apple di iPhone X yang berfungsi untuk mendeteksi mimik wajah dari pengguna iPhone X dan merefleksikannya melalui animasi yang sudah disediakan oleh apple secara real-time. Fitur istimewa Animoji hanya dapat dipergunakan di iPhone X karena memang untuk dapat menggunakannya perlu memanfaatkan TrueDepth Camera dengan beragam sensor yang hanya baru ada pada Apple iPhone X.

Selama ini banyak yang beranggapan jika fitur Animoji sangat erat kaitannya dengan fitur FaceID namun pada penemuan terbaru dapat diasumsikan jika fitur Animoji tidak ada kaitannya dengan fitur FaceID. Hal tersebut pertama kali diungkapkan oleh seorang YouTuber bernama Marques Brownlee saat sedang melakukan review iPhone X miliknya. Saat menjajal Animoji, dalam video yang diunggah Marques dapat terlihat jika fitur Animoji tak butuh Face ID untuk meniru ekspresi wajah pengguna.

Dalam video yang berdurasi beberapa menit tersebut kita dapat asumsikan jika bukan sensor FaceID yang merefleksikan raut wajah pengguna untuk kemudian dikonversi menjadi ekspresi Animoji, tetapi kamera depan dari iPhone X itu sendiri. Hal tersebut terlihat saat Marques Brownlee sedang menjajal fitur Animoji dan menutup sensor FaceID, fitur Animoji tersebut masih bisa bekerja dengan baik.

Sampai dengan saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Apple tehadap video unggahan Marques.

WhatsApp chat