Fitur WhatsApp untuk menyimpan foto otomatis memang ada yang menyukainya dan ada juga yang tidak menyukainya. Mungkin untuk sebagian orang ada yang tidak menyukainya karena bisa memakan memori yang banyak sehingga memori ponsel kita jadi penuh. Ada cara untuk menghemat memori yang penuh karena foto WhatsApp loh, bagaimana caranya?

Ada 2 cara yang akan saya bagikan kepada teman-teman. Cara yang pertama dengan menginstall aplikasi Magic Cleaner for WhatsApp. Tenang saja, ukuran aplikasi ini tergolong kecil, hanya 9 MB.

Apabila sudah install aplikasi tersebut maka Anda bisa membukanya. Setelah itu, akan ada seorang kakek yang akan muncul di layar ponsel Anda. Tekan kepala kakek tersebut untuk menganalisa foto mana saja yang dianggap tidak  perlu untuk berada di ponsel Anda.
mcSi kakek akan mulai menganalisa foto-foto yang ada di ponsel Anda jika sudah ditekan kepalanya. Proses menganalisa foto ini tergantung dengan banyaknya foto yang ada di ponsel Anda. Sekali proses analisa ini bisa memuat sebanyak 500 foto, kalau foto di ponsel Anda ada 1000 berarti kakek tersebut akan melakukan analisa sebanyak 2 kali.
mcAplikasi ini sangat pintar karena bisa membedakan gambar yang penting atau tidak. Aplikasi ini bisa menggolongkan gambar menjadi gambar meme, kartun, screenshot, ataupun foto biasa.
Kalau sudah selesai memilih foto mana saja yang ingin dihapus, selanjutnya Anda ikon tempat sampah yang ada di bagian bawah sebelah kanan. Kalau sudah selesai sekarang ponsel Anda sudah terbebas dari foto yang tidak begitu penting.

Cara kedua agar menghemat memori ponsel kita adalah dengan menonaktifkan fitur download otomatis foto yang ada di WhatsApp.
Caranya mudah kok, tinggal masuk ke bagian Settings lalu pilih Data Usage dan akan ada pilihan “Media Auto-Download“, pada pilihan tersebut kita bisa mengatur fitur auto-download yang akan dinonaktifkan. Misalnya ketika kita menggunakan mobile data kita bisa menonaktifkan auto-download foto, video, pesan suara bahkan dokumen. Begitu pula ketika kita menggunakan Wi-Fi dan juga roaming. Dengan menonaktifkan fitur ini maka kita bisa memilih apa saja foto ataupun dokumen lain yang ingin kita download ataupun tidak. Jadi ketika Anda masuk suatu grup dan ada orang yang share foto maka foto tersebut tidak akan terdownload otomatis.

Itulah cara menghematnya. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

WhatsApp chat