Anda pengguna smartphone android? Sering menggunakannya untuk kebutuhan seperti menyimpan foto, menyimpan data keuangan, catatan dan sebagainya. Berhati-hatilah! Menurut hasil penelitian dari software penghapus virus Avast, data-data pribadi Anda tidak akan sepenuhnya hilang meski telah menggunakan “factory reset” ataupun “delete all“.

Melakukan kedua hal tersebut tidak cukup untuk menghilangkan data secara permanen. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengamankan data pribadi Anda di smartphone Android.

1. Enkripsi

Disini, Anda disarankan untuk melakukan enkripsi terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan data (wipe). Untuk melakukan proses Enkripsi di Android, Anda bisa masuk ke menu Setting > Security > lalu pilih Encrypt Phone. Enkripsi akan melakukan pengacakan data di perangkat Anda, dan diperlukan langkah khusus untuk menguraikan enkripsi yang telah Anda terapkan.

2. Melakukan Factory Reset

Kedua, lakukanlah factory reset. Langkah ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone Android Anda. Karena itu, Anda harus sudah melakukan back up data. Anda dapat masuk ke menu Setting > Back up And Reset > lalu pilih Factory Data Reset.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membersihkan data di smartphone Android. Supaya smartphone masih bersih seperti sedia kala.

WhatsApp chat