Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 2. Fitur sensor pada sebuah smartphone dewasa ini telah menjadi sebuah keharusan. Bayangkan, apa yang mungkin akan terjadi saat bermain game balap mobil teman-teman diwajikan harus mengemudikannya secara manual tanpa bantuan fitur sensor gyro dan accelerometer. Tentu pengalaman nya akan sangat berbeda. Teman-teman akan kehilangan atau lebih tepatnya tidak akan pernah merasakan sensasi kemudi mobil melalui smartphone.

Saking centralnya fungsi fitur sensor pada sebuah smartphone, banyak perusahaan smartphone yang berlomba-lomba memberikan inovasi terbarukan fitur sensor pada setiap smartphone besutan mereka. Yang paling baru adalah sensor irish scanner. Pada artikel berikut yaitu Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 2. Akan penulis bahas beberapa sensor yang ada pada sebuah smartphone beserta fungsi-fungsinya.

Sensor Pemindai Sidik Jari/Fingerprint

Seperti namanya, sensor pemindai sidik jari atau seringnya disebut sebagai sensor fingerprint, adalah sebuah sensor yang fungsinya adalah membaca sidik jari. Seperti yang kita tahu, sama seperti pola corak pada macan, sidik jari manusia juga memiliki pola yang berbeda pada setiap orang. Memanfaatkan hal tersebut sensor fingerprint hanya akan membaca sidik jari dari penggunanya yang sudah didaftarkan sebelumnya. Cara kerjanya cukup sederhana, teman-teman dapat mendaftarkan terlebih dahulu sidik jari teman-teman kedalam sensor sidik jari yang ada di smartphone teman-teman maka secara otomatis sensor tersebut hanya akan kembali aktif bekerja ketika sensor tersebut membaca sidik jari teman-teman yang sudah didaftarkan sebelumnya. Fungsi sensor fingerprint yang paling umum adalah sebagai alat untuk membuka smartphone dan juga dapat digunakan sebagai tanda pengenal ketika ingin melakukan pembayaran secara virtual.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 2

Sensor Pemindai Iris/Irish Scanner

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 2. Tidak cukup hanya dengan memanfaatkan fingerprint scanner sebagai alat proteksi, beberapa produsen smartphone terus berinovasi dengan berusaha memberikan pengalaman dan keamanan yang lebih baik ketimbang “Sidik Jari”. Masih dengan memanfaatkan konsep yang sama dengan cara kerja fingerprint, yaitu memanfaatkan bagian tubuh dengan ciri khas unik yang hanya dimiliki oleh setiap individu yaitu organ mata atau lebih tepatnya selaput pelangi/iris yang ada pada organ mata. Seperti fingerprint, Irish Scanner dapat dimanfaatkan sebagai alat proteksi pada smartphone ataupun sebagai tanda pengenal ketika ingin melakukan pembayaran secara virtual.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 2

WhatsApp chat