Bagi para fans Windows tablet, Surface Pro 4 merupakan pilihan yang selalu menjadi target. Walaupun begitu harga yang tinggi membuat banyak orang yang mencari alternative-nya. Untungnya lubang di pasaran ini dapat diisi oleh Lenovo Miix 510.

Laptop Lenovo ini menawarkan spek yang comparable dengan Surface Pro 4 tapi dengan harga yang lebih rendah. Di pasaran harga Surface Pro 4 adalah sekitar 12 juta Rupiah, sedangkan Lenovo Miix 510 sekitar 11 juta Rupiah.

Kelebihan Lenovo Miix 510

Secara spek Windows tablet ini tidak mengecewakan. Lenovo Miix 510 datang dengan GPU Intel Core i5-7200U 2.71 GH dan GPU Intel HD 620 yang didukung dengan 8GB RAM. Tablet ini juga didukung dengan 250GB SSD memory. Bagi yang menginginkan harga yang lebih rendah, versi Core i3 bisa dipilih. Harga versi Core i3 sekitar 8 juta Rupiah sekarang ini.

Windows tablet ini memiliki penyangga yang baik. Pilihan kemiringan yang bisa dipilih juga lebih banyak dibandingkan Surface Pro 4. Untuk keyboard tombol terasa nyaman dan mantap saat digunakan. Walau tidak terlalu sensitif, keyboard ini memastikan Anda tidak akan terlalu sering salah ketik jika tidak sengaja menyentuh tombol.

Sebagai bonus, Lenovo Miix 510 memberi keyboard cover untuk melindungi dari debu. Seperti generasi sebelumnya, Windows tablet ini menggunakan pen. Pen yang digunakan di sini lebih nyaman di tangan dan juga lebih fleksibel fungsinya. Hal ini berkat fitur Windows Ink di OS Windows 10.

Kekurangan Lenovo Miix 510

Walau banyak kelebihannya, Lenovo Miix 510 tidak luput dari kekurangan. Hal yang paling krusial adalah tidak adanya slot micro SD untuk tambahan memory. Hal ini membuat ukuran memory tidak dapat di upgrade untuk kepeluan data yang besar.

Hal lain yang bisa dijadikan point negatif adalah charger yang tidak standar. Tablet pada umumnya menggunakan USB-C sebagai slot charger, tapi tablet ini menggunakan kabel khusus Lenovo. Hal ini membuat mencari pengganti jika ada masalah dengan charger menjadi sulit. Hal lain yang perlu dipertimbangkan misalnya Anda lupa membawa charger, jika menggunakan USB-C Anda masih bisa pinjam charger teman untuk proses mengisi battery.

Kesimpulan

Laptop ini cukup baik kualitasnya untuk Windows tablet dengan harga yang cukup terjangkau. Walaupun begitu bagi Anda yang mengharapkan Windows tablet yang standar, mungkin Lenovo Miix 510 ini kurang cocok.

WhatsApp chat