Komunikasi Antar Warga Menggunakan Layanan Mobile – Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak yang lain, tujuannya agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Komunikasi Antar Warga Menggunakan Layanan Mobile

Apa kalian tahu apa itu Kentongan? Mungkin yang kalian tahu kentongan adalah sebuah alat komunikasi yang terbuat dari kayu atau bambu yang diberi rongga dan kemudian dibunyikan dengan cara dipukul. Kentongan ini dibunyikan untuk memberi tau seluruh masyarakat sekitar bahwa terjadi suatu hal seperti kebakaran, pencurian atau bencana alam.

Komunikasi Antar Warga Menggunakan Layanan Mobile

Di zaman yang serba digital ini, kentongan sudah jarang digunakan lagi. Namun, kini nama kentongan hadir sebagai aplikasi layanan mobile. Aplikasi kentongan ini, cocok sekali untuk Ketua RT dan warga. Fungsinya yaitu untuk pencatatan data warga yang valid, pengolahan kas RT menjadi lebih transparan, informasi kegiatan RT dapat diinformasikan dengan mudah dan terarsip dengan rapi dan bagus, laporan dari warga akan langsung sampai ke ketua RT dengan cepat.

Aplikasi Kentongan ini dikembangkan oleh Saddam Rajief dan timnya dari Yogyakarta. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis.

Komunikasi Antar Warga Menggunakan Layanan Mobile

Cara menggunakan aplikasi kentongan ini sangatlah mudah. Untuk mulai fungsi aplikasi ini warga harus menunjuk salah satu orang yang dijadikan sebagai mediator. Orang yang tepat untuk dijadikan sebagai mediator ini adalah ketua RT.

Jika ketua RT sudah menjadi mediator pada aplikasi kentongan ini, maka ketua RT harus mengajak para warganya untuk menggunakan aplikasi kentongan. Jika para warga sudah mengunduh aplikasi ini, maka warga harus melengkapi data-data yang dibutuhkan termasuk nomor telepon. Dengan adanya nomor telepon para warga, ketua RT akan dimudahkan untuk menindaklanjuti ketika ada laporan yang masuk dari warga. Laporan yang masuk ini akan muncul pada smartphone para pengguna aplikasinya termasuk ketua RT.

Yuk lebih mengenal aplikasi ini seperti menu dan fitur aplikasi kentongan. Apa sajakah menu dan fitur tersebut? Silahkan disimak teman-teman.

1. Menu detail RT

Fungsinya untuk mengetahui informasi mengenai data RT, RW, nama desa, kelurahan , kecamatan, kabupaten dan provinsi.

2. Menu Laporan Warga

Pada menu ini, setiap warga bisa menyampaikan pendapat maupun laporan kritik dan juga keluhan kepada ketua RT.

3. Menu Warga

Pada menu ini, ketua RT bisa mengetahui informasi detai mengenai warganya.

4. Menu Info Kegiatan

Berfungsi untuk menyampaikan pengumuman atau informasi seperti info kerja bakti, info rapat atau info jalan sehat, dll.

5. Menu Kas RT

Pada menu ini kalian bisa juga menggunakan untuk melihat data keuangan RT.

6. Menu Tanda Bahaya

Menu ini bisa dimanfaatkan warga untuk menerima kabar genting atau darurat seperti kebakaran, bencana alam dan pencurian.

Itulah cara berkomunikasi antar warga menggunakan layanan mobile. Aplikasi ini sangat cocok untuk ruang lingkup RT saja. Dan menurut orang yang mengembangkan aplikasinya, nanti aplikasi ini akan diperluas untuk bisa menjangkau jumlah warga yang lebih banyak suatu saat nanti. Semoga bermanfaat teman-teman 😉

WhatsApp chat