Para produsen smartphone di dunia seperti samsung, apple, sony, asus, oppo, htc, dll mengusung prosesor yang berbeda-beda pada perangkat smartphone produksi mereka, seperti samsung yang lebih mempercayakan komponen prosesornya kepada prosesor Qualcomm snapdragon dan Sony dengan prosesor mediateknya. Banyak sekali memang jenis-jenis prosesor pada smartphone android ini, salah satunya yang saya sebutkan tadi.Tentunya jika anda ingin membeli ponsel pintar android ini, anda perlu mengetahui spesifikasi dari ponsel tersebut terutama bagian prosesornya itu sendiri. Apakah prosesor yang dipilih itu sudah tepat atau tidak.

Bagi anda yang belum mengetahui jenis-jenis prosesor pada smartphone android, pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan kepada anda mengenai jenis-jenis prosesor pada smartphone android. Berikut ini jenis-jenis prosesor pada smartphone android yang beredar dipasaran

Snapdragon

Prosesor snapdragon ini merupakan prosesor yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh perusahaan produsen perangkat smartphone android. prosesor buatan perusahaan Qualcomm ini memang sudah terbukti handal untuk membantu kinerja dari sebuah perangkat smartphone.

MediaTek

Prosesor mediatek ini juga merupakan salah satu prosesor yang banyak digunakan oleh perangkat android. prosesor buatan dari perusahaan MediaTek ini memang terbukti memiliki kualitas yang handal dan juga memiliki harga yang relatif lebih murah dari jenis prosesor lainnya.

Exynos

Prosesor Exynos ini merupakan prosesor produk dari perusahaan samsung, prosesor ini memiliki kesamaan dengan prosesor mediatek yaitu diusung dengan sistem SOC (System on Chip). Prosesor ini juga memiliki banyak serinya, salah satunya seri Exynos 5 dengan Quad core ARM Cortex 15 yang memiliki kecepatan proses 1,8 GHz.

Tegra

Prosesor ini merupakan prosesor buatan NVIDIA yang terkenal dalam pembuatan perangkat komponen komputer seperti VGA Card. prosesor Tegra ini terkenal dengan kelebihannya yaitu mampu memberikan kualitas grafis yang bagus dan sangat cocok untuk digunakan bermain games. series terbaru dari prosesor Tegra ini yaitu Nvidia Tegra 4 yang memiliki kecepatan hingga 1,9 GHz.

OMAP

Prosesor OMAP (Open Multimedia Application Platform) merupakan prosesor hasil produksi dari perusahaan Texas Instruments. Prosesor ini juga memiliki beberapa series, dan untuk series terbarunya yaitu OMAP 5 yang mempunyai kecepatan 1,7 GHz Dual Core Cortex A15.

PXA

Prosesor ini dibuat oleh perusahaan marvell. prosesor PXA ini sama memiliki System On Chip yang mampu meminimalisir penggunaan daya.

Dan itu lah beberapa prosesor yang sering kita jumpai di ponsel pintar belakangan ini, jadi tinggal anda pilih saja mana yang terbaik dari smartphone idaman anda natinya. Semoga bermanfaat :)

WhatsApp chat