Membuat aplikasi di iOS atau android tentu saja harus menggunakan tools. Ada salah satu tools android yang sering digunakan developer android, yaitu aplikasi Android Studio. Tak hanya Android Studio saja, ada beberapa aplikasi atau tools lainnya yang digunakan untuk membuat mobile app, diantaranya sebagai berikut :

  1. Ionic Framework

Ionic merupakan salah satu framework mobile app yang berbasis HTML5 dan dipakai untuk mengembangkan mobile app lewat penggunaan teknologi web HTML, Javascript maupun CSS. Jadi, jika Anda memakai Ionic, Anda tak perlu mempelajari Bahasa pemrograman seperti Objectic C, Java atau C dalam pembuatan aplikasi android sebab Anda hanya perlu memakai pemrograman Web saja.

  1. React Native

React Native termasuk framework javascript untuk pengembangan aplikasi mobile. Jika Anda memakai React Native sebagai tools pembuat aplikasi, akan aplikasi yang dibuat tak bisa dibedakan dari aplikasi native. Tools React Native itu sendiri bisa dikatakan sebagai real native. Anda bisa menentukan apakah ingin menggunakan React Native atau Ionic Framework dalam pembuatan aplikasi android. Selain itu, tools ini memungkinkan terciptanya 2 buah aplikasi pada android dan iOS secara bersamaan.

  1. App Inventor

App Inventor merupakan aplikasi yang pertama kali dikembangkan Google, dan sedang dikelola oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) sekarang ini. Tools ini memungkinkan pengguna baru supaya bisa memprogram komputer sekaligus bisa menciptakan aplikasi pada perangkat lunak khususnya bagi sistem berbasis android.

  1. Eclipse

Eclipse ialah Integrated Development Environment, dimana fungsinya ialah sebagai pengembang aplikasi Java, selain itu juga bisa dipakai untuk mengembangkan aplikasi menggunakan Bahasa pemrograman lainnya lewat pemakaian plugin, seperti ABAP, Fortran, Javascript, COBOL, Perl, Python, Prolog, Skema, Groovy, Clojure, PHP, Erlang, ALAMI, Lua, dan Lasso.

  1. Aplikasi JDK

Anda harus menginstall JDK dan mensettingnya terlebih dulu. JDK ialah software yang digunakan untuk kompilasi pada Bahasa pemrograman Java menuju Bahasa pemrograman bytecode.

Itulah beberapa tools yang bisa digunakan untuk pembuatan mobile app. Selain memakai tools, Anda juga bisa kursus mobile apps di salah satu jasa penyedia kursus pembuatan aplikasi mobile seperti di DUMET School.

WhatsApp chat