Dari waktu ke waktu, smartphone android ini selalu hadir dengan fitur yang lebih beragam. Yang tentunya akan semakin memudahkan kalian dalam melakukan segalanya. Namun, terkadang ada fungsi-fungsi android yang jarang diketahui oleh penggunanya.

Kadang ada banyak fungsi-fungsi yang tersembunyi dan jarang diketahui oleh penggunanya, yang sebenarnya fitur tersebut bisa memaksimalkan kinerja androidnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang fungsi-fungsi android yang jarang diketahui oleh penggunanya.

Berikut Fungsi-Fungsi Android yang Jarang Diketahui oleh Penggunanya :

1. Menjalankan Perintah Suara Saat Layar Terkunci

Sebagian smartphone android sebetulnya mempunyai fungsi untuk mengaktifkan pencarian berbasis suara, meskipun dalam keadaan layar yang terkunci. Fungsi ini baru berfungsi pada perangkat yang sudah mengaktifkan system pendeteksi suara.

Adapun untuk mengaktifkannya yaitu cukup membuka “Google Settings”, kemudian plih “Search and Google Now”. Setelah itu pilih “Voice”, lalu “Ok Google Detection”, dan aktifkan “Always On”. Kalian cukup mengatakan “Ok Google” ketika ingin mengaktifkannya.

2. Mematikan dan Mengatur Ulang Smartphone dari Jarak Jauh

Ketika kalian kehilangan handphone, mungkin itu dicuri atau hilang karena keteledoran kalian itu merupakan hal yang pastinya sangat menjengkelkan. Namun kini kalian jangan khawatir, karena Google memiliki fitur bernama Android Device Manager. Fitur ini bisa digunakan untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh. Selain itu juga, kalian bisa menghapus dan mengatur ulang perangkat ke modus factory reset untuk mencegah data-data kalian disalahgunakan. Dan terkadang fitur ini belum banyak orang yang mengetahui fungsinya.

3. Menjadi Kompas atau Barometer

Hadirnya sejumlah sensor yang terdapat pada smartphone android ini ternyata mempunyai beragam fungsinya. Kalian cukup memasang aplikasi yang tersedia untuk bisa memanfaatkan fungsi tersebut. Ketika kalian ingin memanfaatkan smartphone sebagai kompas, maka kalian cukup memasang aplikasi seperti smart compass dan sebagainya. Sedangkan untuk perangkat barometer, dapat menggunakan Barometer Altimeter DashClock untuk memaksimalkannya.

4. Memindai Dokumen

Apakah kalian sudah mengetahui bahwa smartphone bisa dimanfaatkan sebagai pemindai dokumen mobile? Untuk kalian yang belum mengetahuinya, kalian bisa memasang aplikasi CamScanner atau Evernote untuk bisa menggunakan smartphone menjadi pemindai dokumen mobile.

Nah, itulah Fungsi-Fungsi Android yang Jarang Diketahui oleh Penggunanya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

WhatsApp chat