Biasanya kalau kita mengisi daya baterai semalaman membuat smartphone cepat rusak karena itu tidak baik untuk kesehatan baterai. Tapi ternyata jika kita mengisi daya baterai iPhone semalaman tidak merusak baterai. Percaya atau tidak? Ternyata ini memang fakta. Fakta bahwa mengisi daya baterai iPhone semalaman tidak merusak baterai. 

Menurut salah satu perusahaan yang bernama Cadex kalau pengisian daya baterai semalaman atau terlalu lama bisa membuat smartphone stres yang tinggi, tensi yang tinggi dan bisa menghasilkan reaksi kimia bahkan kerusakan pada baterai secara permanen.

Biasanya perusahaan teknologi ternama seperti Samsung dan iPhone menggunakan baterai Lithium pada produk yang mereka buat. Setiap perangkat yang menggunakan baterai Lithium Ion atau Lithium Polymer harus menggabungkan sirkuit pengisian yang dapat memotong daya pengisian ketika sudah mencapai 100%.

Fakta Mengisi Daya Baterai iPhone Semalaman Tidak Merusak Baterai

 

Mengisi daya baterai iPhone dari 90% tidak akan membahayakan baterai juga, kita tidak bisa mengisi daya baterai iPhone secara berlebihan, atau perangkat elektronik modern lain. Baterai Lithium Ion dihitung jumlah pengisiannya sudah berapa kali, siklus pengisian sekitar 500 kali untuk iPhone, biasa disebut dengan “charge cycle“, ini mengacu pada pengisian kembali secara penuh, dan pengisian ulang hanya menggunakan sebagian “charge cycles“. Dengan kata lain, setiap kali kita mengisi daya baterai iPhone milik  kita lebih dari 90%, maka kita dianggap menggunakan 1/10 atau 10%, dari siklus biaya (charge cycle).

Sebenarnya untuk iPhone sebaiknya jangan diisi ulang daya baterainya sebelum persentase daya baterainya belum kritis. Kalau persentase baterainya belum terlalu kritis dan sudah kita isi ulang kembali daya baterainya, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada baterai tersebut. Tapi kalau kita mengisi daya baterai iPhone semalaman atau terlalu lama itu tidak akan membuat baterai tersebut rusak.

Ternyata fakta ya kalau mengisi daya baterai iPhone semalaman tidak merusak baterai. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

WhatsApp chat