Aplikasi WhatsApp memang sekarang ini sedang populer, dan banyak orang menggunakannya. Sekarang ini pengguna Whatsapp mencapai angka 700 milyar pengguna. Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, teman-teman bisa berbagi video, kontak dan pesan. Kalian sebagai pengguna aplikasi WhatsApp, harus mengetahui cara untuk mengamankan percakapan pribadi kalian.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas tentang empat cara mengamankan percakapan di WhatsApp.

1. Mengunci WhatsApp

Aplikasi WhatsApp itu memang tidak memiliki fitur khusus untuk mengunci aplikasinya. Tapi, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tentunya punya fungsi untuk penguncian WhatsApp. Jadi nanti jika smartphone kalian hilang atau sedang dipinjam oleh teman, maka percakapan pribadi kamu tidak dapat dilihat orang lain. Adapun contoh aplikasinya yaitu Messenger & Chat Lock, Lock for WhatsApp dan Secure Chat. Silahkan kalian pilih satunya untuk mengunci WhatsApp kalian.

2. Sembunyikan Foto WhatsApp di Gallery

Aplikasi WhatsApp ini biasanya akan secara otomatis, membuat folder sendiri untuk video dan foto yang dikirimkan oleh teman kalian. Biasanya WhatsApp akan membuat folder “WhatsApp Videos” dan “WhatsApp Photos” di gallery. Nah, untuk menyembunyikan foto dan video WhatsApp di gallery ini cukup mudah. Untuk para pengguna Android, kalian buka aplikasi File Manager lalu masuk ke folder WhatsApp > Media > WhatsApp Image. Kemudian kalian buat sebuah file baru dengan nama ‘.nomedia’. Dengan cara-cara tersebut, maka nanti foto dan video yang ada di WhatsApp kalian tidak akan muncul di Gallery.

3. Sembunyikan Foto Profile

Selain kita bisa mengatur siapa saja yang bisa atau tidak bisa melihat Last Seen, kita juga bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat foto profile kita. Kita bisa mengatur hanya orang yang ada dikontak saja yang bisa melihat foto profilnya. Adapun caranya sebagai berikut : WhatsApp > Account > Privacy > Profile Photo > “Nobody”.

4. Sembunyikan Status

Selain Last Seen dan foto profil, kalian juga bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat status kalian. Caranya juga mudah, yaitu kalian masuk ke WhatsApp > Account > Privacy > Status > “Nobody”.

Nah, itulah Cara Mengamankan Percakapan di Whatsapp. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

WhatsApp chat