Hallo kawan-kawan, kali ini Saya akan memberitahu Cara Mengetahui Ukuran Inci Lebar Layar Smartphone.

Banyak orang yang bingung dengan ukuran pada layar smartphone, kenapa layar 5 inci ukurannya bisa 1080×720, padahal kan smartphone ukurannya kecil. Ternyata lebar layar smartphone tidak seperti itu, sebenarnya itu adalah perkalian jumlah pixel. Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis.

Istilah resolusi sebenarnya sering salah arti, karena menghitung jumlah pixel dalam setiap dimensi, yaitu dimensi pixel. Dimensi pixel sebenarnya tidak memberitahukan apapun tentang resolusi layar pada gambar yang sebenarnya terbentuk. Resolusi yang benar, mengacu pada kepadatan pixel. Jumlah pixel per satuan jarak untuk layar biasanya dinyatakan dengan satuan inci, bukan jumlah total pixel. Ukuran resolusi layar ini kemudian disingkat ppi (pixels per inch).

Lalu darimana lebar layar 5 inci itu ? Bagaimana mengukur layar smartphone ? Ternyata lebar smartphone yang biasa dinyatakan dengan satuan inci itu diukur dari diagonal layar. Diagonal layar adalah sisi miring dari layar smartphone. Ukuran dimensi smartphone, yaitu panjang, lebar, dan tebal yang umumnya dinyatakan dengan satuan ukuran mm. Kalian bisa mencoba mengukurnya dengan sebuah penggaris atau alat ukur lainnya.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Mengetahui Ukuran Inci Lebar Layar Smartphone. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian.

WhatsApp chat