Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Kita – Pada saat ini internet telah menjadi kebutuhan ketimbang kekinian yang menjadi peningkatan besar pada perangkat pintar seperti smartphone, smart TV, home assistant, laptop, tablet dll. Menghubungkan masing-masing perangkat dengan kabel LAN akan sangat merepotkan dan perangkat seperti smartphone tidak memiliki ruang untuk konektor LAN. Sementara itu data 4G atau mobile data terlalu mahal untuk bisa digunakan secara bebas, tapi kabar baiknya adalah kita punya solusi yang pas.

Solusinya yaitu WiFi, WiFi adalah akses internet nirkabel lengkap melalui LAN. Kita bisa menghubungkan banyak perangkat seperti yang kita inginkan ke router tanpa kabel dengan hanya memasukkan custom key. Satu-satunya masalah yang dihadapi orang dengan teknologi WiFi adalah jangkauan jaringan kita yang dapat melampaui properti terbatas kita dan orang dapat terhubung dari luar. Begitu kita memasukkan password ke perangkat tertentu, mereka dapat terhubung dari manapun dalam jangkauan tanpa kita sadari.

Oleh karena itu, kita mungkin tidak akan pernah tahu tapi orang mungkin menggunakan bandwidth dan data kita dan mungkin juga memiliki akses ke perangkat kita di jaringan tanpa kita sadari. Jika kita memiliki kekhawatiran dengan ini, artikel kali ini datang menjadi solusinya. Dalam artikel ini, kita akan berbagi cara-cara di mana kita dapat mengawasi perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi kita. Kita bisa melihat siapa yang diam-diam masuk ke jaringan WiFi kita.

 1. Periksa Via Router.

Semua router memiliki cara untuk menampilkan dan mengelola perangkat yang terhubung. Yang perlu kita lakukan adalah mengakses halaman dari web interface-nya. Cari saja alamat IP router kita yang berformat “192.168.X.X.”. Setelah masuk, cari saja status Nirkabel, atau daftar Klien DHCP atau perangkat yang terhubung, itu tergantung router ke router. Tapi di sini kita akan menemukan semua perangkat yang terhubung beserta alamat IP dan Mac mereka.

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Kita

2. Periksa Via Network Manager Tool.

Jika kita menggunakan Mac atau PC, kita dapat menggunakan software untuk memeriksa jaringan kita, serta memantau perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi. Beberapa alat sederhana seperti NirSoft’s Wireless Network Watcher menawarkan tampilan perangkat yang terhubung, sementara alat canggih bahkan memberi tahu pengguna saat perangkat baru terhubung ke router. Meskipun kita mungkin perlu mengeluarkan beberapa dolar untuk fungsi lanjutan semacam itu.

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Kita

3. WiFi Kill Android App

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Kita

Wifi kill android app adalah salah satu yang kita butuhkan untuk memeriksa siapa yang terhubung dengan WiFi kita. Hal ini membutuhkan kita untuk root ponsel android tapi fitur yang ditawarkannya layak digunakan semuanya. Aplikasi ini memungkinkan kita melihat perangkat lain yang terhubung ke jaringan kita tdermasuk alamat IP dan Mac mereka. kita juga dapat melihat berapa banyak data yang mereka konsumsi dan situs apa yang mereka akses. Aplikasi ini memberi kita kontrol penuh karena kita dapat menghentikan bandwidth perangkat yang terhubung ke jaringan kita dari aplikasi ini.

WhatsApp chat