Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mengembalikan data yang sudah terhapus di komputer tanpa software. perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk mengembalikan data yang terhapus dengan sengaja maupun tidak sengaja biasanya langsung masuk kedalam Recycle Bin dan itu jika menghapus dengan cara Delete biasa, namun bagaimana jika kalian menghapusnya dengan shortcut Shift+Delete , tentunya data yang teman-teman hapus dengan permanent tidak lagi tersimpan di Recycle Bin.

Selain itu mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mengembalikan data-data yang terhapus dengan bantuan aplikasi seperti grtdataback, recuva dan filescavenger. Namun tentunya jika teman-teman menggunakan bantuan aplikasi tersebut akan memakan waktu yang cukup panjang, dan itupun tidak menjamin data yang dikembalikan 100% original, terkadang ada beberapa data yang corupt, crash atau data tersebut tidak dapat dikembalikan. Dan cara tersebut pernah saya lakukan, maka dari itu jika teman-teman mengembalikan data dengan bantuan aplikasi pihak ketiga lebih baik dipikirkan terlebih dahulu selagi jika memang masih ada cara lain yang lebih mudah dan 100% berhasil.

Pada dasarnya, setiap data yang terhapus akan tersimpan di Recycle Bin dan apabila di Recycle Bin tersebut tidak ada atau kalian hapus data tersebut secara permanent . Maka kalian bisa memanfaatkan fetaure windows Restore Prefious Version.

Berikut caranya :

  • Klik kanan folder tempat penyimpanan data yang dihapus tersebut
  • Klik kanan, dan pilih Restore Prefious Version
  • Selanjutnya tunggu hingga list folder tampil dan jika sudah pilih folder yang diinginkan
  • Klik Restore
  • Selesai

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara mengembalikan data yang sudah terhapus di komputer tanpa software, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat