Sebelumnya, kita membahas penyebab-penyebab mengapa smartphone tidak bisa dicas. Nah, sekarang yuk kita bahas cara mengatasi smartphone yang tidak bisa dicas 😉

1. Restart Smartphone

Hal yang perlu dilakukan pertama kali saat smartphone Anda tidak bisa dicas adalah me-restart smartphone Anda. Cara ini memang tidak begitu ampuh untuk mengatasi masalah yang sangat serius tapi bisa digunakan untuk mengembalikan sistem yang error pada smartphone.

2. Cek Kabel USB

Kabel USB juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat smartphone kita tidak bisa dicas. Jadi perlu diperhatikan pada saat kita menggunakan kabel USB untuk mengecas periksa kembali kabel yang akan digunakan apakah kondisinya masih baik atau tidak.

3. Cek Port USB

Bila Anda mengisi daya baterai pada PC/laptop, perhatikan port USB pada laptop atau PC Anda. Cara mengetesnya dengan menggunakan flashdisk, bila flashdisk Anda terbaca berarti kerusakan terjadi pada kabel USB atau port USB charger Anda, bila flashdisk tidak terbaca berarti kerusakan terjadi pada port USB pada PC/laptop Anda. Lebih baik jika meng-charge baterai pada soket listrik karena bisa lebih cepat dibanding dengan menggunakan PC/laptop.

4. Cek Power Adapter

Jika Anda menggunakan power adapter untuk mengecas baterai smartphone Anda, coba periksa kabel dan power adapter-nya. Bila ada kerusakan sebaiknya membeli power adapter yang baru agar tidak merusak komponen pada smartphone Anda.

5. Baterai Sudah Tua / Rusak

Kemungkinan yang terakhir adalah baterai smartphone Anda sudah tua atau sudah rusak, entah karena sudah digunakan dalam jangka waktu lama atau seribu tahun lamanya :D. Jadi lebih baik membeli baterai yang baru

Nah, cukup sekian dulu ya Kawan, semoga bermanfaat ulasan berikut 😀 Terima kasih 😀

WhatsApp chat