Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Air – Beberapa diantara kalian pasti pernah merasakan ketika hujan datang dan kalian tidak membawa payung ataupun jas hujan, lalu tas kalian pun kebasahan. Yang sangat disesali yaitu ketika smartphone kesayangan kita kebasahan. Sehingga smartphone menjadi tidak nyala lagi. Mungkin yang sangat kalian takutkan itu data-data penting di dalamnya.

cara-mengatasi-smartphone-android-yang-terkena-air

Masalah lainnya yaitu jika smartphone kalian secara tidak sengaja masuk ke dalam air atau tersiram air. Untuk para pengguna smartphone yang smartphonenya tahan air sih tidak masalah. Tapi jika smartphone kita yang tidak tahan air bagaimana? Adakah solusinya?

Baiklah, pada artikel kali ini saya akan membantu kalian membagikan cara mengatasi smartphone yang terkena air. Silahkan disimak teman-teman J

  1. Ambil dan Matikan

Kalian harus segera mengambil smartphone yang terkena air dan segeralah matikan smartphonenya. Lalu lepaskan baterainya. Lantas bagaimana kalau smartphonenya sudah mati? Sama saja. Kalian harus segera melepaskan baterainya. Tujuannya supaya komponen yang ada di dalam smartphone tidak konsleting dan supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan lainnya.

  1. Lepas SIM Card dan Memori Eksternal

Cara selanjutnya yaitu dengan melepaskan SIM Card dan memori eksternal, tujuannya supaya data yang ada di SIM Card dan memori eksternal tetap aman dan tidak terkena korosi. Selain itu juga, hal ini dapat membantu proses pengeringan berjalan dengan baik.

  1. Bersihkan Dari Air

Bersihkan smartphonemu dari air menggunakan tisu kering atau kain. Atau cara yang paling ampuh yaitu dengan memasukkan smartphone kedalam semangkuk beras selama berjam-jam. Agar lebih efektif, kalian dapat membolak-balikan smarphone supaya penyerapannya lebih merata. Kenapa harus beras? Karena beras adalah salah satu bahan yang bersifat menyerap air.

  1. Keringkan

Keringkan smartphone kalian dengan cara diangin-anginkan dengan kipas angin. Oh iya, jangan gunakan AC ya teman, karena walaupun AC mengeluaran angin, AC juga mengeluarkan uap air yang dingin. Nanti mesin atau komponen smartphonemu menjadi cepat berkarat.

  1. Pasang Lagi Komponen Dan Nyalakan

Jika semuanya sudah kering, maka pasanglah lagi semua komponennya seperti baterai, SIM Card dan memori eksternalnya. Jika sudah, nyalakan smartphone kalian.

  1. Jaga Smartphonemu

Jika smartphonemu sudah kembali normal, jagalah smartphonemu supaya kejadian ini tidak terulang lagi.

Itulah beberapa cara mengatasi smartphone yang terkena air. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang smartphonenya terkena air. Terima kasih dan semoga bermanfaat 😉

WhatsApp chat