Bukan hanya komputer yang bisa terserang virus, ternyata smartphone kesayangan kita juga bisa terserang virus. Banyak cara yang dipakai oleh hacker untuk menyerang smartphone kita dengan berbagai macam virus. Sebagai pengguna, kita bisa mencegah agar virus tidak menyerang smartphone kesayangan kita. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya :

1. Pakai Antivirus

Sebenarnya dengan memasang antivirus tidak menjamin smartphone kita terhindar dari virus karena terkadang antivirus lah yang memberikan virus kepada smartphone kita. Tapi tidak ada salahnya pasang antivirus terbaru yang bagus di smartphone kita. Setidaknya antivirus yang bagus bisa menghindari serangan virus yang diberikan oleh hacker.

2. Perbarui Sistem Operasi

Biasanya ketika kita membeli smartphone sistem operasi yang dipakai di smartphone tersebut sudah paling baru tapi ketika beberapa bulan kemudian akan ada sistem operasi yang lebih baru lagi, begitulah siklusnya. Tapi biasanya smartphone dengan sistem operasi terdahulu bisa dilakukan pembaruan sistem operasi. Kita bisa melakukan pembaruan sistem operasi untuk mencegah smartphone kita terserang virus.

3. Waspada Dengan Aplikasi

Ketika akan mengunduh aplikasi di Google Play Store sebaiknya kita harus waspada karena tidak semua aplikasi yang tersedia di Google Play Store itu aman. Kita harus melihat permission access yang muncul saat kita akan memasang aplikasi, apabila ada permintaan izin masuk ke tool yang mencurigakan jangan pasang aplikasi itu.

4. Hati-Hati Dengan WiFi

Jangan langsung tergiur kalau ada akses internet gratis dengan menggunakan WiFi. Biasanya hacker menggunakan WiFi untuk meretas sistem operasi perangkat kita. Jadi, gunakan WiFi yang disediakan atau ditawarkan oleh penyedia layanan yang terpercaya saja ya, jangan menggunakan jaringan WiFi tidak dikenal.

Itulah cara mencegah smartphone Android terkena virus. Semoga bermanfaat ya 🙂

WhatsApp chat