Sering kali kita ingin mendapatkan hasil jepretan yang bagus dalam kondisi apa saja. Hal yang perlu diperhatikan pada saat menangkap foto yaitu tingkat kecerahan atau cahaya suatu tempat. Biasanya jika kurang tingkat kecerahan akan membuat hasil jepretan menjadi kurang bagus dan maksimal.

Melihat dengan berkembangnya teknologi disekitar kita, kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut dengan sebaik baiknya. Bahkan untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang memuaskan. Apalagi sekarang sudah ada Smartphone yang membantu kita untuk beraktifitas sekaligus menemani kita untuk hiburan. Tapi tidak mudah juga karena untuk kamera pada Smartphone masih terbatas kapasitasnya. Ditambah dengan keadaan gelap, akan sulit mendapatkan hasil jepretan yang bagus.

Tidak perlu khawatir, hanya dengan menggunakan Smartphone pun kita bisa mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Kita hanya perlu menggunakannya dengan tepat.

Berikut cara untuk memfoto menggunakan Smartphone dalam kondisi gelap:

  1. Jangan membiarkan keadaan Smartphone bergoyang pada saat memfoto
  2. Karena seperti yang kita ketahui pada saat kita memfoto dan bergoyang maka hasil jepretan tidak akan bagus. Hal ini sangat berpengarus sekali untuk hasil fotonya. Karena untuk Smartphone memiliki fitur kamera memerlukan waktu untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus dengan tingkat kecerahan yang masih rendah. Nah untuk menghindari goyangan pada saat mengambil fotonya, kita bisa menggunakan tripod atau sejenisnya.
  3. Bisa menggunakan Flash yang sudah tersedia pada SmartphoneKita bisa menghindari penggunaan jarak jauh karena LED pada flash tidak bekerja maksimal. Pengambilan foto menggunakan flash terlalu dekat pun akan membuat objek menjadi buram/kurang detail. Jadi untuk menggunakan flash pada kamera Smartphone alangkah baiknya digunakan dalam jarak sedang. Iatu akan membuat hasil jepretan foto lebih maksimal.
  4. Penggunaan flash memang sangat berguna sekali untuk keadaan gelap. Tapi tidak semua menggunakan flash itu juga mendapatkan hasil yang bagus jika tidak menggunakannya dengan tepat. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus kita harus menggunakannya dengan tepat. Adapun cara menggunakan flash Smartphone dengan tepat.
  5. Pada saat mengedit foto hindarilah Zoom pada kamera Smartphone
  6. Jika menggunakan zoom digital pada kamera Smartphone itu bukan salah satu cara terbaik. Karena metode ini sebenarnya tidak membuat foto lebih detail melainkan membuat hasil foto menjadi tidak jelas. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kita bisa memfoto suatu objek dengan tidak terlalu jauh.

Itulah beberapa cara memfoto menggunakan Smartphone dalam kondisi gelap. Jadi tidak perlu khawatir bagi anda yang tidak memiliki kamera DLSR untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Dengan menggunakan Smartphonepun hasil jepretan foto biasa akan menjadi bagus jika kita tau cara atau tekniknya. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat