Sejatinya, membuat aplikasi android ataupun aplikasi IOS bukanlah suatu hal yang sulit. Akan tetapi, membekali diri terlebih dahulu dengan ilmu pengetahuan tentang cara pembuatan aplikasi android dan IOS adalah langkah utama yang wajib anda lakukan. Sehingga, anda bisa memperoleh aplikasi android dan IOS dengan kualitas terbaik.

Ada banyak cara yang bisa anda jadikan pilihan untuk membuat aplikasi android ataupun aplikasi IOS. Beberapa cara dianggap bisa menghasilkan kedua aplikasi ini lebih cepat dan mudah. Beberapa cara tersebut sebagai berikut:

1. Membuat Aplikasi Dengan Menggunakan Android Studio

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi android adalah menggunakan Android Studio. Android Studio merupakan salah satu tool resmi yang didukung penuh oleh Google dan bertujuan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi berbasis Android.

Terdapat banyak sekali fitur lengkap yang mendukung untuk pengembangan aplikasi android, seperti:

  • Kode editor cukup cerdas.

  • Instant run.

  • Emulator lengkap dan cepat.

  • Dan masih banyak fitur lain yang membantu anda dalam pembuatan aplikasi.

Langkah utama yang wajib anda lakukan ketika hendak membuat aplikasi android menggunakan Android Studio adalah mempelajari dan mengenal dasar dasar cara pembuatan aplikasi android. Dengan begitu, anda akan mudah membuat aplikasi android yang memiliki kualitas tinggi.

2. Membuat Aplikasi Android Dengan Menggunakan IDE Eclipse

Selain dengan Android Studio, menggunakan IDE Eclipse dalam membuat aplikasi android dan IOS juga tepat untuk anda manfaatkan. Mobile app yang satu ini lebih dulu ada sebelum Android Studio yang didukung penuh oleh Google secara resmi.

Langkah langkah dalam pembuatan aplikasi dengan memakai mobile App yang satu ini hampir sama dengan mobile Android Studio. Terbilang cukup mudah dan sangat sederhana untuk dijalankan. Jika dibandingkan, para mobile developer lebih senang dan merasa nyaman menggunakan Android Studio karena didukung secara penuh oleh Google sebagai induk terbesar dari OS Android.

Selain kedua cara di atas, membuat aplikasi android dan aplikasi IOS tanpa coding juga dinilai sangat mudah dilakukan. Pasalnya, cara yang satu ini tidak memerlukan still coding sebagai syarat utama dalam pembuatan aplikasi android dan IOS. Namun, anda harus memastikan bahwa perangkat komputer ataupun laptop anda telah terhubung dengan koneksi internet.