Android sangat memungkinkan sekali terkena virus dan kita sebagai pengguna perlu menjaga-jaga agar perangkat android kita jangan sampai terkena virus karena dapat mengganggu bahkan merusak. Salah satu cara yang banyak di gunakan untuk  menghapus virus yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi anti virus, tapi apa jadinya jika ternyata aplikasi anti virus tersebut malah menambah virus yang ada bahkan membuat perangkat android kita yang pada awalnya tidak terdapat virus menjadi virus. Nah, untuk kalian yang ingin waspada dengan ini pada artikel kali ini saya akan berbagi tips cara membersihkan virus di android tanpa aplikasi anti virus.

1. Safe Mode

Safe Mode memungkinkan Android beroperasi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa oleh sistem. Ketika berada di Safe Mode, semua aplikasi yang telah di instal akan hilang. Tetapi tenang saja, aplikasi tersebut tidak akan hilang selamanya, hanya sementara saat berada di Safe Mode saja. Nah ketika masuk di Safe Mode kita bisa leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, memudahkan juga untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting, seperti file cache.

Cara masuk ke Safe Mode tiap-tiap perangkat Android berbeda-beda. Tetapi biasanya menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting. Jika tidak bisa kalian bisa searching di internet cara masuk ke safe mode sesuai tipe android kalian.

2. Cek aplikasi di Safe Mode

Ketika ada dalam Safe Mode, silakan cek aplikasi yang telah terinstal. Caranya masuk ke Settings – Apps lalu pilih tab Downloaded. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tetapi karena virus termasuk ke dalam sistem maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android kalian terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kita instal di Android kita.

3. Hapus aplikasi mencurigakan

Jika telah menemukan aplikasi mencurigakan, kita klik aplikasi tersebut dan pilih Uninstall. Pada suatu kasus terkadang kita menemukan aplikasi asing yang tidak dapat di-uninstall, karena aplikasi tersebut telah memberikan akses administrator.

4. Hapus akses administrator aplikasi asing

Saat menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator, tugas kita selanjutnya adalah menghapus akses administratornya. Caranya, keluar dari Application Settings – masuk ke Settings – Security – Device Administrator. Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Selanjutnya, kembali ke Application Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, harusnya aplikasi mencurigakan tersebut sudah terhapus

5. Keluar Safe Mode

Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan selesai, selanjutnya kita tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan proses Restart seperti biasa.

WhatsApp chat