Mengingat fungsi SD Card (memori eksternal) ini sangat penting untuk perangkat smartphone kalian, maka kalian juga harus tau mengenai SD Card, jadi dalam artikel ini saya akan share mengenai Cara Membedakan SD Card yang Asli Atau Palsu.

1. Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu Dari Fisiknya

Secara fungsinya, SD Card yang asli atau palsu memang tidak ada bedanya, sama-sama bisa digunakan untuk menyimpan data digital. Hanya saja, SD Card palsu sering mengalami masalah di kemudian hari, seperti data yang sering corrupt, transfer data yang lambat, dan juga sering tidak terbaca oleh perangkat smartphone kalian. Adapun cara membedakan SD Card asli atau palsu secara fisik adalah dengan memeriksa apakah menggunakan cetakan nama merek permukaannya atau menggunakan sticker. Kartu memori yang asli biasanya menggunakan cetakan pada permukaannya, bukan menggunakan sticker yang ditempel. Adapun jika menggunakan sticker untuk menimbulkan hologram, di bawah stickernya tetap akan ditemukan cetakan nama mereknya.

2. Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu Menggunakan Aplikasi

Kalian juga bisa membedakan SD Card Asli atau palsu dengan menggunakan aplikasi SD Insight. SD Insight adalah sebuah aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk memeriksa apakah kartu memori yang kalian gunakan asli atau palsu. Aplikasi gratis ini akan memberikan kalian info mengenai kartu memori yang sedang kalian gunakan. Nantinya, kalian dapat mengetahui apakah kartu memori yang kalian gunakan itu asli atau palsu. Caranya, instal SD Instight dari smartphone kalian. Selanjutnya, kalian bisa menggunakan SD Insight untuk mengetahui data dari perangkat SD Card yang kalian gunakan.  Jika ternyata kartu memori yang kalian gunakan itu palsu, nantinya SD Insight tidak akan mampu menampilkan data dari SD Card yang kalian gunakan. Hal ini terjadi karena kartu memori yang kalian gunakan tidak terdaftar. Tapi demi keamanan, akan lebih nyaman jika selalu menggunakan SD Card yang terdaftar bukan?

Untuk berjaga-jaga agar kalian tidak mendapatkan memory card atau SD Card yang palsu, sebaiknya kalian bertanya pada penjualnya. Jika ternyata penjual menawarkan harga yang murah, sebaiknya tanyakan lebih detail dan juga jangan lupa minta garansi minimal 1 bulan. Itulah beberapa Cara Membedakan SD Card yang Asli Atau Palsu, semoga bermanfaat 😉

WhatsApp chat