Cara Melakukan Kalibrasi Pada Smartphone Android – Kalibrasi adalah suatu teknik pengukuran untuk mencocokan pembacaan kapasitas baterai pada smartphone. Fitur kalibrasi ini biasanya sudah tersedia pada smartphone Android ataupun IOS.

Untuk melakukan proses kalibrasi haruslah di lakukan dengan benar dan juga hati-hati, dengan mengetahui terlebih permasalahan serta maksud dari proses kalibrasi yang akan dilakukan.

Mengetahui Permasalahan Pada Baterai

Sebelum memulai melakukan kalibrasi pada Smartphone maka ada baiknya untuk mengetahui permasalahan pada baterai smartphone anda. Caranya adalah dengan melakukan identifikasi pada performa baterai yang menurun. Permasalahan terletak apakah pada baterai tersebut atau karena sistem kalibrasi pada sistem Android?

Cara Melakukan Kalibrasi Pada Smartphone Android

Untuk memeriksa permasalahan pada sistem kalibrasi Android anda, pastikan baterai smartphone anda berfungsi baik. Jika tidak ditemukan masalah secara fisik maka anda bisa melangkah ke tahap kalibrasi. Berikut adalah cara melakukan kalibrasi pada smartphone Android, langkah-langkahnya adalah :

1. Kuras baterai hingga smartphone Anda mati dengan sendirinya.

2. Kemudian nyalakan dengan menekan tombol Power dan biarkan mati kembali dengan sendirinya.

3. Charger smartphone anda, biarkan hingga baterai terisi hingga 100%, setelah itu cabut

4. Nyalakan smartphone, jika indikator baterai tidak menampilkan kondisi 100%, colok kembali hingga benar-benar terisi 100%.

5. Cabut charger dan lakukan restart. Jika masih belum menampilkan kondisi 100%, lakukan lagi pengisian baterai hingga 100%.

6. Lakukan hal yang sama seperti cara 4 dan 5 hingga kondisi benar-benar 100%.

7. Pasang aplikasi Battery Calibration dan pastikan bahwa kondisi baterai sudah 100%. Kemudian lakukan restart.

8. Jalankan aplikasi tersebut

9. Setelah selesai, habiskan baterai hingga 0% dan biarkan smartphone mati dengan sendirinya.

10. Colok baterai hingga penuh dan seharusnya cara ini sudah mereset sistem baterai pada Android.

Dalam melakukan kalibrasi smartphone janganlah terlalu sering, untuk melakukan kalibrasi bisa dilakukan tiap 3 bulan sekali. Jika terlalu sering melakukan kalibrasi maka akan berdampak pada kerusakan baterai yang digunakan

WhatsApp chat